Selasa 20 Jul 2021 12:22 WIB

Ini Pesaing Berat Messi Raih Ballon d'Or Ketujuh

Lewandowski dan Jorginho menjadi pesaing terberat Lionel Messi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pemain bintang Argentina Lionel Messi.
Foto:

Namun, Messi bukan tanpa pesaing dalam berburu trofi Ballon d'Or ketujuhnya. Dalam acara penghargaan yang biasanya digelar pada Desember tersebut, Messi memiliki sejumlah pesaing berat. Salah satunya adalah striker Bayern Muenchen, Robert Lewandowski. Konsistensi performa, terutama dalam kemampuan merobek jala gawang lawan, menjadi keunggulan utama striker asal Polandia tersebut.

Dengan koleksi 41 gol dari 29 laga, Lewandowski berhak menyabet gelar sepatu emas Eropa atau pemain tersubur di lima liga top Eropa pada musim lalu. Torehan itu pun mengantarkan Lewandowski memecahkan rekor gol terbanyak dalam satu musim Bundesliga Jerman, yang sebelumnya menjadi milik Gerd Mueller. Total, pada sepanjang musim lalu, striker berusia 32 tahun itu mengemas 48 gol dan sembilan assist dari 40 kesempatan tampil di semua ajang.

Lewandowski pun terbukti mampu tampil konsisten setelah mengakhiri kompetisi musim lalu dengan koleksi 55 gol dari 47 laga di semua ajang. Sebenarnya, Lewandowski digadang-gadang bakal mendapatkan Ballon d'Or 2020. Namun, lantaran gelaran Ballon d'Or dibatalkan karena pandemi, Lewandowski gagal mendapatkan penghargaan tersebut.

Kendati begitu, Lewandowski dinobatkan sebagai pemain terbaik versi FIFA pada tahun lalu. Dengan koleksi golnya pada musim ini, Lewandowski tetap dianggap layak bersaing dalam perebutan gelar Ballon d'Or tahun ini. ''Setelah apa yang terjadi Copa America 2021, rasanya akan semakin sulit buat saya untuk bisa meraih gelar Ballon d'Or. Namun, saya tak keberatan jika nanti penghargaan itu jatuh kepada pemain terbaik di dunia saat ini (Messi),'' tulis Lewandowski di akun media sosialnya, beberapa waktu lalu.

Nama lain yang muncul dalam perburuan gelar Ballon d'Or 2021 adalah gelandang timnas Italia, Jorginho. Setelah sukses mengantarkan Chelsea juara Liga Champions musim lalu, eks gelandang Napoli itu berhasil memboyong trofi Euro 2020 bersama Italia. Jorginho pun tercatat menjadi pemain kesepuluh yang berhasil mengawinkan gelar juara Liga Champions dan trofi Piala Eropa dalam satu musim kompetisi.

Dari segi catatan gol ataupun torehan assist, Jorginho memang tidak sementereng Messi ataupun Lewandowski. Namun, dari segi dampak yang diberikan pada permainan tim, peran gelandang berusia 29 tahun tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Gelandang keturunan Brasil itu tidak pernah absen mengisi starting line-up Gli Azzurri di sepanjang Euro 2020. Tidak hanya itu, dibanding pemain lain, Jorginho bisa dibilang memiliki koleksi trofi lebih banyak pada musim ini. Aspek inilah yang setidaknya bisa dibanggakan Jorginho.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement