Selasa 20 Jul 2021 12:53 WIB

5 Trik Mengempukkan Daging Kambing

Agar tidak alot daging kambing perlu diempukkan lebih dulu.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Indira Rezkisari
Petugas memotong daging kurban kambing.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas memotong daging kurban kambing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tekstur yang alot merupakan masalah yang kerap ditemukan ketika memasak daging kambing. Daging kambing cukup mudah menjadi alot karena kandungan lemaknya yang rendah.

Agar tak menjadi alot, daging kambing seringkali perlu dilembutkan terlebih dahulu sebelum dimasak. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk melembutkan atau mengempukkan daging kambing dan tetap mempertahankan rasa alaminya.

Baca Juga

Laman Step by Step mengungkapkan setidaknya ada lima cara mengempukkan daging kambing. Berikut ini adalah kelima cara tersebut.

Pepaya

Cara alami untuk mengempukkan daging kambing adalah dengan menggunakan pepaya. Langkah pertama, kupas kulit pepaya terlebih dahulu. Selanjutnya, potong pepaya sampai menjadi ukuran yang kecil. Kemudian, blender pepaya sampai halus.

Untuk setiap 8 sendok makan pepaya halus, tambahkan 1 sendok makan garam. Campur pepaya halus dan garam hingga merata lalu oleskan campuran ini ke potongan daging sapi yang ingin diempukkan. Enzim dari buah pepaya akan membantu memecah jaringan ikat pada daging kambing sehingga teksturnya akan menjadi lebih empuk.

Palu Pengempuk Daging

Cara yang tak kalah populer untuk mengempukkan daging adalah dengan menggunakan palu pengempuk daging atau tenderizing mallet. Memukul-mukul daging dengan alat ini dapat membantu memecah serat otot pada daging, sehingga tekstur daging kambing akan menjadi lebih lembut.

Api Kecil

Agar daging kambing menjadi lebih empuk, penggunaan api saat memasak juga ikut menentukan. Meski membutuhkan waktu lebih lama, memasak daging kambing dengan api kecil akan membantu mengempukkan tekstur daging kambing.

Resep Berkuah

Daging kambing sangat cocok digunakan dalam metode memasak yang menggunakan air, dibandingkan dengan metode memasak yang kering. Beberapa contohnya adalah metode memasak braise dan stew.

Marinasi

Memarinasi atau merendam daging kambing ke dalam cairan berbumbu juga akan membuat daging terasa lebih empuk. Tak hanya itu, proses marinasi akan membuat daging kambing memiliki rasa yang lebih kaya. Gunakan resep marinasi yang sesuai dengan selera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement