Selasa 27 Jul 2021 05:00 WIB

Merasa Pusing Saat Bangun Tidur, Apa Saja Penyebabnya?

Ada beberapa penyebab orang mengalami sakit kepala usai bangun tidur.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Bangun tidur (ilustrasi). Ada sejumlah penyebab yang membuat orang mengalami sakit kepala setelah bangun tidur.
Foto:

Masalah kesehatan mental, obat-obatan, dan alkohol

Menurut studi, masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan dapat menyebabkan sakit kepala di pagi hari yang kronis atau terjadi dalam jangka panjang. Sakit kepala ini bisa muncul karena masalah kesehatan mental kerap memicu insomnia.

Beberapa jenis obat pun dapat memicu migrain dan sakit kepala kronis di pagi hari. Beberapa di antaranya adalah aspirin serta efek withdrawal dari penggunaan obat nyeri, ergot, dan kafein. Konsumsi alkohol juga dapat memicu sakit kepala di keesokan hari saat bangun dari tidur.

Gangguan kesehatan serius

Terkadang, sakit kepala dapat menjadi pertanda dari masalah kesehatan yang lebih serius. Namun, perlu diketahui bahwa hal ini cukup jarang terjadi. Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan diri ke dokter bila sakit kepala terasa mengganggu, terlebih bila disertai dengan gejala-gejala lain.

Salah satu masalah kesehatan serius yang dapat memicu sakit kepala adalah tumor otak. Biasanya, sakit kepala juga disertai dengan gejala lain seperti masalah penglihatan atau bicara dan perubahan fungsi mental seperti kesulitan mengingat.

Masalah kesehatan serius lain yang juga dapat menyebabkan sakit kepala adalah tekanan darah tinggi dan strok.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَاِذَا بَلَغْنَ اَجَلَهُنَّ فَاَمْسِكُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍ اَوْ فَارِقُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍ وَّاَشْهِدُوْا ذَوَيْ عَدْلٍ مِّنْكُمْ وَاَقِيْمُوا الشَّهَادَةَ لِلّٰهِ ۗذٰلِكُمْ يُوْعَظُ بِهٖ مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ ەۗ وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ
Maka apabila mereka telah mendekati akhir idahnya, maka rujuklah (kembali kepada) mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah pengajaran itu diberikan bagi orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya,

(QS. At-Talaq ayat 2)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement