Jumat 13 Aug 2021 15:11 WIB

KAI Logistik Beri Tarif Khusus untuk Anggota IMI

KAI Logistik memberi tarif khusus untuk pengiriman motor dan perlengkapan penunjang.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi kereta logistik.
Foto: ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Ilustrasi kereta logistik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) yakni PT Kereta Api Indonesia (KAI) Logistik menandatangani perjanjian kerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI). Kesepakatan tersebut  ditandatangani Plt Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah dan Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo di Gedung Black Stone, Jakarta, Kamis (12/8).

Plt Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah mengatakan KAI Logistik memberikan keistimewaan berupa tarif khusus untuk pengiriman motor dan perlengkapan penunjang lainnya dalam cakupan dan jaringan layanan KAI Logistik.

"Kami berupaya memberikan kontribusi dan bukan hanya berfokus pada bisnis semata," ujar Malik dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (13/8).

Malik menilai keberadaan IMI sangat strategis dan menjadi satu-satunya induk organisasi nasional otomotif di Indonesia yang memiliki peran penting dalam memfasilitasi industri olahraga otomotif. Kata Malik, IMI juga membantu pemerintah dalam mengintegrasikan dan bekerja sama di bidang pariwisata dan sektor sosial serta dalam industri otomotif.

"Kami merasa perlu mengambil peran dalam memberikan dukungan nyata terhadap beragam program IMI," ucap Malik.

Malik menjelaskan layanan kurir dan logistik melalui KAI Logistik Express tersedia di 143 titik di sepanjang pulau Jawa, Bali dan baru-baru ini telah hadir di Bandar Lampung. Selain ketersediaan service point yang luas, ucap Malik, KAI Logistik juga memiliki keunggulan moda kereta api  pada aspek keamanan dan kecepatan pengiriman mampu memberikan kenyamanan lebih 

bagi seluruh anggota IMI dalam memenuhi kebutuhan logistik.

Ketua MPR sekaligus Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo mengatakan kerja sama ini akan membantu menggairahkan industri logistik dan berbagai event otomotif, baik yang bersifat olahraga maupun mobilitas. "Kini anggota IMI tidak perlu pusing memikirkan metode pengiriman barang kebutuhannya, baik dalam bentuk kendaraan bermotor maupun barang penunjang lainnya karena KAI Logistik memberikan diskon sangat khusus kepada para pemilik kartu tanda anggota IMI," ungkap Bamsoet.

Pria yang kerap disapa Bamsoet ini menyampaikan IMI fokus pada dunia bidang kegiatan otomotif, yakni olahraga dan mobilitas. Pada bidang olahraga, IMI memfasilitasi peningkatan prestasi atlet otomotif seperti membangun banyak sirkuit serta sarana dan prasarana, serta menggelar berbagai event kejuaraan dari skala regional, nasional, hingga internasional. 

Bamsoet menyebut terdapat 56 kejuaraan balap mobil tingkat nasional dan dua kejuaraan balap mobil tingkat internasional, yakni TCR Asia dan Asian Gokart pada tahun ini. "Kegiatan di bidang mobilitas juga tidak kalah banyak, diantaranya seperti touring, bantuan sosial bagi korban bencana alam, hingga modifikasi otomotif," ucap Bamsoet.

Kata Bamsoet, IMI memiliki sekitar 7.398 club otomotif yang merepresentasikan sekitar 110 ribu road users yang tersebar di 34 provinsi. Dalam tataran organisasi, IMI memiliki sekitar 5.210 sport clubs, 838 mobility clubs, dan 1.350 sport and mobility clubs.

"Dengan kerja sama tersebut, kini kebutuhan logistik untuk berbagai kegiatan olahraga dan mobilitas IMI dapat dilayani melalui KAI Logistik Express," ucap Bamsoet.

Bamsoet mengatakan perjanjian kerja sama tersebut berlaku empat tahun, terhitung sejak 12 Agustus 2021 hingga 11 Agustus 2025. Setelahnya, perjanjian dapat diperpanjang kembali sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

"Selama rentang waktu tersebut, IMI Pusat maupun daerah memiliki banyak kegiatan olahraga dan mobilitas otomotif sehingga kerjasama ini memberikan kemudahan bagi IMI khususnya dalam bidang logistik," kata Bamsoet menambahkan.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement