Kamis 16 Sep 2021 14:47 WIB

Alasan Time Masukkan Baradar Jadi Tokoh Berpengaruh Dunia

Pendiri Taliban masuk ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh dunia.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
ARSIP - Dalam foto arsip 29 Februari 2020 ini, utusan perdamaian AS Zalmay Khalilzad, kiri, dan Mullah Abdul Ghani Baradar, pemimpin politik utama kelompok Taliban berjabat tangan setelah menandatangani perjanjian damai antara Taliban dan pejabat AS di Doha, Qatar.
Foto:

Mengutip beberapa sumber Taliban, BBC, dalam laporannya pada Selasa (14/9), menyebut perselisihan itu turut berkisar pada penghargaan atas kemenangan Taliban di Afghanistan. Baradar percaya para diplomat seperti dirinya harus memperoleh bagian terbesar dari pujian.

Sementara kelompok Haqqani percaya bahwa para pejuang yang bertempur di lapangan memperoleh capaian lebih banyak. Baradar sudah membantah desas-desus tentang adanya perselisihan internal. “Media mengatakan bahwa ada perselisihan internal. Tidak ada apa-apa di antara kita, itu tidak benar,” katanya dalam sebuah wawancara dengan televisi pemerintah pada Rabu.

Menurut PBB, Baradar pernah menjabat sebagai komandan militer senior Taliban yang bertanggung jawab atas serangan terhadap pasukan koalisi. Dia ditangkap dan dipenjarakan di Pakistan pada 2010. Setelah dibebaskan pada 2018, dia mengepalai kantor politik Taliban di Doha, Qatar. Ia menjadi salah satu tokoh paling menonjol dalam pembicaraan damai dengan Amerika Serikat.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement