Jumat 24 Sep 2021 08:35 WIB

Botang, Robot untuk Bantu Mengangkut dan Memindah Barang

Untuk menggunakan Botang, pengguna tinggal melakukan panggilan client remote.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
Robot Botang yang bisa memindahkan barang.
Foto: pandawa tech
Robot Botang yang bisa memindahkan barang.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pandawa Tech sebagai startup yang fokus mengembangkan produk teknologi berbasis robot menciptakan Botang. Botang merupakan robot yang diprogram otomatis memindahkan barang dan bisa melakukan pengambilan sampai peletakan.

Botang Mobile Industrial Robot memiliki dua tipe yaitu BT-100 dan BT-200 yang penyebutannya tipenya didasarkan kepada motor. BT-100 bisa menarik beban 100 kilogram, sedangkan BT-200 sekitar 200 kilogram dan bisa pula bergerak mundur.

Baca Juga

Founder Pandawa Tech, Hafidh Dody Prasetya mengatakan, untuk melakukan proses pemindahan menggunakan Botang, pengguna tinggal melakukan panggilan melalui client remote. Sehingga, robot secara otomatis datang untuk mengambil barang.

"Pengguna dapat memposisikan barang di pengait. Usai memastikan barang terkait benar di Botang pengguna, tinggal klik destinasi dan klik tombol mulai, Botang akan berjalan mengikuti jalur dan menuju lokasi," kata Hafidh, Jumat (24/9).

Pandawa Tech merupakan salah satu startup yang sedang diinkubasi Amikom Business Park (ABP) terkait pengembangan bisnis dan inovasi. Startup ini turut dibantu dua co-founder lain, yakni Abdul Aziz Nurul Ikhsan dan Prajati Ananda.

ABP turut menawarkan untuk terhubung ekosistem bisnis teknologi yang tepat seperti mitra bisnis, regulator dan investor. Proposisi nilai ditawarkan dengan satu visi untuk menjadi produsen robot manufaktur berkualitas internasional.

Pandawa Tech kini memiliki dua lini bisnis utama. Pertama layanan engineering, termasuk riset dan pengembangan, untuk membantu mitra pengembangkan perangkat robotik keperluan spesifik. Salah satunya perangkat untuk mengoperasikan robot.

Lini bisnis lain penjualan komponen pendukung robotik dan industri manufaktur. Melalui kanal marketplace dan situs web, Pandawa Tech menyuguhkan beragam suku cadang yang bisa digunakan untuk pengembangan dan perawatan perangkat industri.

Mulai dari micro-controller, circuit board, sensor dan transducer, pneumatic parts, solar panel dan lain-lain. Saat ini, Pandawa Tech memiliki basis bisnis di Yogyakarta dan Cikarang dan menargetkan mampu produksi Botang secara massal.

"Target selanjutnya kami ingin memproduksi Botang secara massal. Ini dilakukan seiring perkembangan teknologi industri di Indonesia, khususnya untuk melayani industri manufaktur yang membutuhkan proses handling," ujar Hafidh.

Pandawa Tech menjadi salah satu startup teknologi yang fokus ke pengembangan perangkat robotik untuk industri manufaktur. Memiliki dua macam model bisnis, salah satunya membantu perusahaan membantu proses riset dan pengembangan.

Selain itu, menyediakan berbagai perangkat pendukung pengembangan dan pemeliharaan alat-alat berbasis robotik. Botang, robot pintar untuk membantu proses pengangkutan dan pemindahan menjadi salah satu produk unggulan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement