Sunday, 13 Jumadil Akhir 1443 / 16 January 2022

Sunday, 13 Jumadil Akhir 1443 / 16 January 2022

Bill Clinton Dirawat di Rumah Sakit Akibat Infeksi

Jumat 15 Oct 2021 04:25 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih

Mantan presiden AS Bill Clinton dirawat di rumah sakit dan kondisinya sudah membaik. Ilustrasi.

Mantan presiden AS Bill Clinton dirawat di rumah sakit dan kondisinya sudah membaik. Ilustrasi.

Foto: EPA
Mantan presiden AS Bill Clinton dirawat di rumah sakit dan kondisinya sudah membaik

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Bill Clinton dirawat di rumah sakit Kalifornia Selatan pada Selasa (13/10) malam. Juru bicara Bill, Angel Urea, menyatakan pada Kamis (14/10) dia mendapatkan perawatan karena infeksi dan kondisinya sudah membaik.

Urea mengatakan pria berusia 75 tahun itu dirawat di University of California Irvine karena infeksi yang tidak terkait Covid-19. "Dia dalam pemulihan, dalam semangat yang baik, dan sangat berterima kasih kepada para dokter, perawat, dan staf yang memberinya perawatan yang sangat baik," terangnya.

Baca Juga

Pernyataan kedua dari juru bicara Clinton yang mengutip dokter Alpesh Amin dan Lisa Bardack mengatakan mantan presiden telah diberi antibiotik IV dan cairan. "Setelah dua hari perawatan, jumlah sel darah putihnya cenderung menurun dan dia merespons antibiotik dengan baik," kata para dokter.

"Tim medis yang berbasis di Kalifornia terus berkomunikasi dengan tim medis Presiden yang berbasis di New York, termasuk ahli jantungnya. Kami berharap dia segera pulang," ujar juru bicara itu.

Seorang juru bicara Yayasan Clinton mengatakan mantan presiden berada di daerah Los Angeles untuk acara-acara pribadi yang berkaitan dengan organisasi amalnya. Pusat Medis UCI berada di Orange County, sekitar 40 mil tenggara Los Angeles.

Pada tahun-tahun sejak Clinton meninggalkan Gedung Putih pada 2001, mantan presiden itu menghadapi masalah kesehatan. Pada 2004, dia menjalani operasi bypass empat kali setelah mengalami nyeri dada yang berkepanjangan dan sesak napas.

Clinton pun kembali ke rumah sakit untuk operasi paru-paru karena kolaps sebagian pada 2005. Kemudian pada 2010, dia memasang sepasang stent di arteri koroner.

Untuk mengatasi masalah kesehatan, Clinton pun menanggapi dengan menganut pola makan vegan yang membuatnya kehilangan berat badan dan melaporkan peningkatan kesehatan. Kondisi itu pun membuatnya kembali ke panggung politik sebagai juru kampanye calon Demokrat, terutama istrinya, Hillary, selama 2008 yang gagal untuk nominasi presiden. Pada 2016, ketika Hillary Clinton mencalonkan diri ke Gedung Putih sebagai calon Demokrat, Clinton memasuki berusia 70 tahun kembali ke jalur kampanye lagi.

sumber : AP
Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile