Kamis 28 Oct 2021 11:02 WIB

Xavi Favorit Gantikan Koeman Latih Barcelona

Barcelona memecat Ronald Koeman dari kursi pelatih.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Xavi Hernandez
Foto: EPA/Andreu Dalmau
Xavi Hernandez

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Sederet nama masuk dalam bursa calon pelatih baru Barcelona untuk menggantikan peran Ronald Koeman. Manajemen Barcelona mengumumkan pemecatan Koeman pada Kamis (28/10) pagi.

Kekalahan Barcelona 0-1 di markas Rayo Vallecano pada lanjutan La Liga Spanyol, Kamis dini hari WIB, ternyata menjadi kali terakhir Koeman mendampingi Azulgrana. Hasil pahit itu membuat manajemen klub memutuskan mengakhiri kerja sama dengan juru taktik asal Belanda itu lebih cepat. Terlebih, Barcelona menelan kekalahan secara beruntun setelah sebelumnya tumbang 1-2 pada laga el Clasico kontra Real Madrid.

Baca Juga

"Barcelona telah membebaskan Ronald Koeman dari tugasnya sebagai pelatih tim utama. Presiden klub, Joan Laporta, memberi tahu dia tentang keputusan itu setelah kekalahan melawan Rayo Vallecano," demikian pernyataan klub dikutip Football Italia.

Setelah pernyataan itu resmi diumumkan kini direksi klub tengah mencari sejumlah nama pelatih baru yang siap membesut Sergio Busquets dan rekan setim. Nama Xavi Hernandez dilaporkan menjadi kandidat favorit. Telebih, ia sebelumnya berstatus pemain legendaris klub sebelum hijrah ke Qatar. 

Xavi datang melalui akademi muda Barcelona dan memainkan 767 pertandingan untuk Blaugrana hingga pindah ke Al-Sadd pada tahun 2015. Pria berusia 41 tahun telah menjadi pelatih Al-Sadd di Qatar Stars League sejak 2019. 

Sementara beberapa media Spanyol juga menyebut nama Erik Ten Hag. Pelatih asal Belanda dirumorkan sudah mencapai kesepakatan dengan Barca. Ada juga kabar burung kembalinya Ernesto Valverde. Kandidat lain yang disebut-sebut media adalah Andrea Pirlo dan Ralf Ragnick.

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement