Rabu 24 Nov 2021 16:22 WIB

Jangan Lupa, Rivalitas Lionel Messi Vs Ronaldo Belum Usai

Messi dan Ronaldo masih terlibat persaingan penghargaan pesepak bola terbaik dunia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo berjabat tangan saat masih membela Barcelona dan Juventus beberapa waktu lalu.
Foto:

Tidak hanya memperkuat dua klub yang memiliki historis rivalitas yang panjang, Ronaldo dan Messi bersaing secara langsung dalam kompetisi liga yang sama. Catatan penampilan keduanya terus menjadi bahan perbandingan.

Berdasarkan lansiran SportsKeeda, awal pekan ini, keduanya terus berkejar-kejaran dalam catatan gol dan assist di pentas La Liga. Sejak 2009 atau sejak Ronaldo mulai memperkuat Real Madrid, Messi total mengemas 199 gol dan 73 assist dari 180 laga. Dari 199 gol, Messi mencetaknya via eksekusi tendangan bebas.

Di sisi lain, Ronaldo mengemas 197 gol dan 54 assist dari 176 laga bersama Los Blancos di La Liga. Adapun 42 gol dari 197 gol di La Liga itu dicetak Ronaldo lewat tendangan penalti.

Secara keseluruhan, Ronaldo terlibat langsung dalam 251 gol buat Real Madrid, sementara Messi menorehkan catatan 272 gol (199 gol dan 73 assist). Selama sembilan musim bersaing secara langsung di Spanyol, Messi dan Ronaldo mengumpulkan total sembilan Ballon d'Or, dengan torehan lima Ballon d'Or milik Messi dan empat trofi Ballon d'Or milik Ronaldo.

photo
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo - (REUTERS/Arnd Wiegmann)

Selain itu, selama periode tersebut, ada total enam trofi Liga Champions yang diboyong Real Madrid dan Barcelona selama Messi dan Ronaldo memperkuat masing-masing tim. Ronaldo berhasil mempersembahkan empat titel Liga Champions, sedangkan Messi dua kali membawa trofi Liga Champions ke Stadion Camp Nou.

Terlepas dari penilaian siapa pemain terbaik berdasarkan catatan statistik tersebut, persaingan antara Messi dan Ronaldo itu terbukti mampu menjadi motivasi tersendiri buat kedua pemain untuk bisa meraih prestasi, baik secara individu maupun tim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement