Rabu 24 Nov 2021 16:22 WIB

Jangan Lupa, Rivalitas Lionel Messi Vs Ronaldo Belum Usai

Messi dan Ronaldo masih terlibat persaingan penghargaan pesepak bola terbaik dunia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo berjabat tangan saat masih membela Barcelona dan Juventus beberapa waktu lalu.
Foto:

Dalam kesempatan wawancara dengan Marca, Messi pun sempat menyinggung soal persaingannya dengan Ronaldo. La Pulga seolah menyiratkan soal kerinduan untuk bisa bersaing secara langsung dengan Ronaldo, yang lebih tua dua tahun dibanding Messi.

"Rasanya sudah cukup lama kami tidak lagi bersaing di kompetisi liga yang sama. Kami bersaing, baik secara individu dan tim, dengan mengincar target yang sama. Itu adalah panggung yang benar-benar indah. Begitu pula dengan publik, yang menikmati persaingan itu. Itu akan menjadi memori indah yang akan tetap dikenang dalam sejarah sepak bola," ujar pemain berusia 34 tahun tersebut.

Kendati Ronaldo telah meninggalkan Real Madrid pada 2018, persaingan antara Messi-Ronaldo belum sepenuhnya berakhir. Kedua pemain masih terlibat dalam persaingan memperebutkan penghargaan pesepak bola terbaik sejagat, baik di ajang Ballon d'Or maupun pesepak bola terbaik versi FIFA atau ajang The Best FIFA Men's Player.

Secara keseluruhan, Messi memang lebih unggul, dengan raihan enam titel Ballon d'Or, dibanding Ronaldo, yang lima kali terpilih sebagai juara Ballon d'Or.

photo
Lionel Messi (kanan) dan Cristiano Ronaldo bersalaman dalam acara penghargaan FIFA di London, Inggris, beberapa tahun lalu. - (EPA-EFE/ANDY RAIN)

Namun, apabila hanya merujuk pada penghargaan versi FIFA, terutama setelah tidak lagi bekerja sama dengan Ballon d'Or pada 2016, Ronaldo mengantongi keunggulan dibanding Messi. Di lima edisi terakhir The Best FIFA Men's Player, Ronaldo telah dua kali menggondol trofi tersebut, berbanding satu kali dengan penghargaan yang dibawa pulang Messi.

Sementara pada edisi 2018, penghargaan tersebut digondol oleh Luka Modric. Sedangkan pada edisi terakhir, penyerang Bayern Muenchen, Robert Lewandowksi, menjadi pesepak bola terbaik sejagat versi FIFA.

Kini, nama Messi dan Ronaldo kembali masuk dalam daftar 11 pemain yang masuk nominasi peraih The Best FIFA Men's Player 2021. Sedikit berbeda dari Ballon d'Or, yang menggunakan penilaian dari jurnalis sepak bola, pelatih tim nasional, dan kapten tim nasional, publik juga bisa memberikan suara dalam voting untuk memilih peraih penghargaan The Best FIFA Men's Player.

Pilihan dari publik dialokasikan sebesar 25 persen dari total suara yang masuk di tiap-tiap kategori, termasuk The Best Men's Player. Rencananya, voting untuk The Best FIFA akan ditutup pada 10 Desember 2021 mendatang.

Alhasil, Messi dan Ronaldo masih memiliki kesempatan untuk menunjukkan performa terbaiknya hingga penutupan masa voting tersebut. Nantinya, peraih penghargaan The Best Men's Player akan diumumkan pada Januari 2022 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement