Thursday, 24 Jumadil Akhir 1443 / 27 January 2022

Thursday, 24 Jumadil Akhir 1443 / 27 January 2022

Urutan Booster Vaksin Terbaik untuk Tangkal Omicron

Selasa 30 Nov 2021 17:22 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda

Gambar pertama varian omicron vs delta dirilis oleh pakar dari ANSA, Italia. JVCI mengungkapkan urutan vaksin yang cocok untuk digunakan sebagai booster dalam menghadapi varian omicron.

Gambar pertama varian omicron vs delta dirilis oleh pakar dari ANSA, Italia. JVCI mengungkapkan urutan vaksin yang cocok untuk digunakan sebagai booster dalam menghadapi varian omicron.

Foto: ANSA
JCVI sebut vaksin merek tertentu lebih andal sebagai booster dalam tangkal omicron.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Virus corona jenis baru (SARS-CoV-2) yang menyebabkan infeksi penyakit Covid-19 telah memunculkan berbagai varian sejak menjadi pandemi. Ada sejumlah varian yang menjadi kekhawatiran di seluruh dunia karena tingkat penularan tinggi.

Di antara varian terbaru yang dikategorikan sebagai varian yang menjadi perhatian oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah omicron. Varian baru itu pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan.

Baca Juga

Menurut penelitian, omicron mengandung mutasi yang mungkin menghindari sejumlah respons imun dari vaksin Covid-19 saat ini. Karena itu, pemberian dosis penguat vaksin (booster) menjadi salah satu program yang diperluas oleh banyak negara di dunia.

Secara khusus, pemberian dosis penguat ditujukan bagi orang-orang yang berusia 18 tahun ke atas. Data yang tersedia saat ini belum menunjukkan tentang seberapa manjur vaksin Covid-19 terhadap omicron.

Menurut Wei Shen Lim, Ketua Komite Bersama untuk Vaksinasi dan Imunisasi di Inggris (JCVI), vaksin yang digunakan di negara itu dan secara global telah dirancang untuk melawan jenis liar virus corona dan tidak direkayasa untuk varian baru. Lim mengatakan bahwa semakin besar ketidakcocokan antara vaksin dan varian baru akan meningkatkan kemungkinan lolosnya kekebalan.

Pemberian booster diyakini meningkatkan respons kekebalan tubuh, sehingga dapat menawarkan ‘senjata’ terbaik dalam melawan varian baru. Lebih lanjut, Lim mengatakan bahwa ada tiga vaksin utama yang digunakan di Inggris untuk meningkatkan respons kekebalan, guna menghindari penularan omicron.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile