Jumat 10 Dec 2021 05:10 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Talk Less Do More

Terlalu banyak bicara bisa mengakibatkan orang lupa untuk berbuat.

Red: Ani Nursalikah
Naskah Khutbah Jumat: Talk Less Do More
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Naskah Khutbah Jumat: Talk Less Do More

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ganjar

 

Baca Juga

اْلحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللَّهِ شَهِيْدًا أَشْهَدُ أَنْ لاَإِلهَ إِلاَّاللَّهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ: فَيَا عِبَادَ اللَّهِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللَّهِ وَقَالَ اللَّهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: يَآأَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا اتَّقُوْا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ، وَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اِتَّقِ اللَّهَ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ

Jamaah yang berbahagia,

Sudah sepatutnya kita memanjatkan puja-puji syukur kehadirat Allah SwT atas berbagai limpahan nikmat-Nya, sehingga kita masih bisa menunaikan ibadah Jumat hari ini.

Juga shalawat beserta salam mari kita haturkan kepada uswah hasanah kita Nabi Muhammad saw. Semoga kita bisa meneladani kemulian akhlaknya.

Tak lupa, lewat mimbar Jumat ini, khatib mengajak kepada diri pribadi dan para jamaah untuk senantisa menjada iman dan taqwa, sebab keduanya sering kali naik turun. Ya muqallib al-qulub stabbit quluubana ‘alaa dinika. Lalu mengapa kita perlu menjaga iman dan taqwa? Sebab Allah SwT berfirman :

إِنَّ أَكۡرَمَكُمۡ عِندَ ٱللَّهِ أَتۡقَىٰكُمۡۚ

Jamaah yang berbahagia,

Salah satu wujud iman dan taqwa Allah tersebut adalah sebagaimana hadits dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (H.R. Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

Menurut khatib, hadits di atas sejalan dengan hikmah diciptakannya manusia dengan diberikannya dua mata, dua telinga, dan satu mulut. Yaitu bahwa secara fisik, manusia itu diminta untuk banyak melakukan aktivitas melihat dan mendengar daripada aktivitas berbicara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement