Jumat 10 Dec 2021 06:27 WIB

Cara Tepat Menyusun Makanan di Lemari Es

Beri ruang di antara setiap produk makanan dalam lemari es agar ada sirkulasi udara.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
Lemari es (ilustrasi)
Foto: Republika/Farah Noersativa
Lemari es (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada baiknya meluangkan waktu untuk menyusun bahan makanan dengan tepat di lemari es, daripada mengambil risiko membuat kondisi makanan rusak, basi, atau berubah rasa. Nyatanya, terdapat aturan khusus untuk menempatkan tiap makanan.

Pakar pengelolaan rumah tangga Ashley Iredale memberikan kiat termudah, yakni beri ruang di antara setiap produk agar ada sirkulasi udara. Jangan begitu saja menjejalkan semuanya sampai bertumpuk-tumpuk dan penuh.

Baca Juga

"Simpan produk yang lebih sering digunakan di bagian depan, di tempat yang mudah dijangkau. Semakin lama mencari-cari dan membiarkan pintu lemari es terbuka lebih lama, akan semakin banyak energi yang Anda gunakan," katanya.

Salah satu pedoman penting, makanan sisa yang baru dipanaskan tidak boleh langsung dimasukkan ke dalam lemari es atau freezer. Karena hal itu akan mengganggu suhu makanan lain. Berikut aturan untuk bahan makanan lain yang disarankan Iredale.

- Produk susu dan telur

Simpan mentega dan keju di kompartemen khusus di bagian pintu kulkas. Kompartemen adalah area yang paling tidak dingin daripada bagian kulkas lainnya. Sehingga mentega masih bisa dioleskan setiap kali dibutuhkan.

Hal sama berlaku untuk keju, tetapi jika berencana menyimpannya lebih lama, tempatkan keju di rak bagian dalam kulkas sehingga mendingin dan mencegah kontaminasi. Begitu pula dengan penyimpanan susu.

Simpan susu di bagian terdingin lemari es di belakang rak supaya bertahan lama. Sementara, telur harus disimpan dalam karton aslinya, bukan wadah plastik di lemari es. Itu untuk memperlambat hilangnya kelembapan dan membantu melacak tanggal kedaluwarsa.

- Buah dan sayur

Laci di bagian bawah lemari es adalah tempat khusus buah dan sayuran. Bagian itu tidak sekering bagian lain dari lemari es sehingga produk bisa segar lebih lama. Pengecualian berlaku untuk tomat, yang harus dijauhkan dari lemari es agar tetap ranum.

- Daging dan makanan laut

Produk daging dan makanan laut paling baik disimpan pada suhu nol derajat, sehingga amat cocok jika diletakkan di chiller. Opsi lain, simpan di bagian belakang lemari es yang suhunya lebih dingin.

Ayam mentah dapat disimpan di lemari es selama beberapa hari, tetapi jika berencana memasak sepekan kemudian, lebih baik dibekukan. Sisa ayam akan bertahan tiga sampai empat hari di lemari es jika sudah ditempatkan dalam wadah kedap udara.

- Roti

Roti tidak boleh disimpan di lemari es. Terlepas dari hilangnya kelembapan, salah satu faktor penyebab roti menjadi keras dan basi adalah pati dari gandum pembentuknya mengkristal. Itu terjadi lebih cepat pada suhu dingin. Cara terbaik menyimpannya adalah biarkan tetap dalam kemasan pembungkusnya di suhu ruang, dikutip dari laman Daily Mail.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement