Senin 13 Dec 2021 16:04 WIB

LIMA Basketball 2021 tanpa Kasus Covid-19

Upah juara LIMA Basketball 2021 putra, sementara Ubaya berjaya di putri.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain tim basket putra UPH Kelvin Sanjaya (kanan) di LIMA Basketball 2021. UPH juara di bagian putra setelah mengalahkan Perbanas Institute.
Foto: DOK LIMA
Pemain tim basket putra UPH Kelvin Sanjaya (kanan) di LIMA Basketball 2021. UPH juara di bagian putra setelah mengalahkan Perbanas Institute.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liga Mahasiswa (LIMA) telah menuntaskan pergelaran LIMA Basketball 2021 pada Sabtu, 11 Desember lalu. Liga tingkat kampus itu menggunakan sistem gelembung (bubble) untuk menjadi solusi keberlanjutan wadah perkembangan mahasiswa di masa pandemi. 

Peserta, perangkat pertandingan, staff LIMA, dan pendukung lainnya menjalani empat uji kesehatan yang dilakukan secara berkala. Hasilnya, seluruh pihak tersebut dinyatakan negatif dari Covid-19.

Baca Juga

Direktur LIMA Junas Miradiarsyah mengungkapkan, tantangan terbesar dari pelaksanaan LIMA Basketball yakni menerapkan protokol kesehatan secara optimal. LIMA dan perguruan tinggi melakukan upaya maksimal.  Prosedur dan aturan telah dilakukan secara optimal sehingga dapat memberikan hasil yang membahagiakan. 

“Selama di bubble kami menguji secara berkala seluruh staff, pemain, ofisial, perangkat pertandingan dan lainnya yang terlibat. Alhamdulilah, seluruh pihak yang terlibat di LIMA Basketball 2021 dinyatakan bebas dari Covid-19,” ujar Junas. 

Protokol kesehatan telah diterapkan secara ketat kepada peserta baik sebelum maupun hingga kompetisi berakhir. Selain aturan wajib, LIMA juga mengharuskan peserta untuk melakukan karantina mandiri dan uji kesehatan di daerah asal. Kemudian, LIMA menerapkan sejumlah mekanisme terkait distribusi barang dan orang dari luar gelembung (bubble).

“Hasil ini tentu menjadi kabar gembira bagi seluruh pihak yang peduli perhatian terhadap perkembangan mahasiswa dan olahraga di Indonesia. Kami tentu mengapresiasi kepada perguruan tinggi yang terlibat dan bekerjasamanya  hingga kompetisi Liga Mahasiswa berjalan lancar,” lanjutnya dalam rilis tertulis.

Dengan hasil positif atas pencapaian ini diharapkan dapat menumbuhkan kepercayaan kepada perkembangan mahasiswa ke depan. Sehingga, kegiatan-kegiatan perkembangan mahasiswa selanjutnya dapat kembali dilakukan. 

Tim putri Ubaya meraih gelar juara LIMA Basketball 2021. Nathania Claresta Orville dan kawan-kawan menang telak 82-56 atas UPH pada partai final di Robinson Cisarua Resort, Bogor, Sabtu lalu. Sementara di bagian putra, UPH menundukkan Perbanas Institute dengan skor 75-60.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement