Selasa 14 Dec 2021 18:47 WIB

Uni Eropa Jatuhkan Sanksi kepada Tentara Bayaran Rusia Wagner Group

Uni Eropa mengincar individu yang bekerja dengan Wagner Group.

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
ALEXIS HUGUET/AFP
ALEXIS HUGUET/AFP

Uni Eropa (UE) pada hari Senin (13/12) menjatuhkan sanksi pada kontraktor militer swasta yang berbasis di Rusia yang dikenal sebagai Wagner Group. Kontraktor militer swasta tersebut dituduh UE melakukan operasi "perang hibrida" atas nama Kremlin.

"Mereka mewakili ancaman dan menciptakan ketidakstabilan di sejumlah negara di seluruh dunia," kata Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell kepada wartawan, Senin (13/12), usai bertemu para menteri luar negeri UE.

Para menteri luar negeri memutuskan untuk "menargetkan Wagner Group itu sendiri, delapan individu, dan tiga entitas yang terhubung dengannya," menurut sebuah pernyataan. Sanksi yang dijatuhkan UE termasuk pembekuan aset dan larangan perjalanan yang dimaksudkan untuk membatasi operasi Wagner Group.

Selain itu, Wagner Group disebut "terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia yang serius, termasuk penyiksaan dan di luar proses hukum, eksekusi dan pembunuhan sewenang-wenang, atau dalam kegiatan yang mengganggu stabilitas di beberapa negara tempat mereka beroperasi."