Sabtu 18 Dec 2021 14:50 WIB

Indonesia Vs Malaysia, Adu Tim Muda Berebut Tiket Semifinal Piala AFF

Rata-rata usia pemain Indonesia adalah 23,8 tahun sedangkan Malaysia 23,4 tahun.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah
Para pemain timnas Indonesia yang berlaga di Piala AFF 2020 (ilustrasi). Indonesia akan menghadapi Malaysia dalam laga terakhir Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Nasional Singaoura, Ahad (19/12).
Foto: ANTARA/Humas PSSI
Para pemain timnas Indonesia yang berlaga di Piala AFF 2020 (ilustrasi). Indonesia akan menghadapi Malaysia dalam laga terakhir Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Nasional Singaoura, Ahad (19/12).

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Timnas Indonesia dan Malaysia merupakan dua tim yang menurunkan pemain muda dalam ajang Piala AFF 2020. Rata-rata usia pemain Indonesia adalah 23,8 tahun sedangkan Malaysia 23,4 tahun. 

Kedua tim akan bertemu pada laga pamungkas babak penyisihan Grup B di Stadion Nasional, Singapura, Ahad (19/12). Pertemuan ini pun menentukan nasib kedua tim untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. 

Baca Juga

"Persiapan yang paling penting sebelum mulai pertandingan lawan yang ketat, yaitu mental dan conditioning. Pemain muda di tim kita saat ini lebih baik dari segi performa," kata pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong, Sabtu (18/12). 

Dia mengaku tidak mengkhawatirkan tim yang akan diturunkannya besok. Menurutnya, setiap laga yang dijalani oleh skuadnya selalu memiliki perkembangan. 

"Jadi tidak terlalu khawatir. Intinya kami bisa mendapatkan hasil yang baik jika menerapkan permainan yang kami inginkan," kata pelatih asal Korea Selatan ini. 

Dari klasemen sementara, posisi Indonesia lebih diuntungkan karena menduduki puncak klasemen sementara Grup B dengan raihan 7 poin unggul produktivitas gol atas Vietnam. Sementara Malaysia ada di posisi tiga dengan raihan enam poin. Sehingga Malaysia harus mengalahkan Indonesia jika melihat dari peluang yang ada. Karena pesaing terdekat Indonesia, yakni Vietnam bertemu dengan Kamboja di Stadion Bishan, Singapura, Ahad.

"Sebenarnya (persiapan melawan Malaysia) sama seperti biasa. Kami mempersiapkan mental dengan baik pastinya kami dapatkan hasil yang baik," kata Shin.

Shin menilai Indonesia lebuh unggul atas Malaysia dari sisi mental pemain. Dia pun mengklaim mental tangguh bisa membawa timnas Indonesia lolos ke babak semifinal. Apalagi Indonesia hanya perlu hasil imbang.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement