Ahad 19 Dec 2021 18:08 WIB

Teleskop Luar Angkasa James Webb akan Diluncurkan pada 24 Desember 

Tinjauan kesiapan peluncuran terakhir akan diadakan Selasa (21/12).

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Teleskop luar angkasa tercanggih, James Webb akan mulai beroperasi akhir 2021.
Foto: republika
Teleskop luar angkasa tercanggih, James Webb akan mulai beroperasi akhir 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teleskop Luar Angkasa James Webb diperkirakan akan diluncurkan dalam sepekan, pada 24 Desember pukul 07.20 EST ( pukul 12.20 GMT atau pukul 09.20 waktu setempat di Guyana Prancis). Teleskop telah dikemas di dalam kerucut hidung roket Ariane 5-nya untuk perjalanan. 

“Kemarin larut, tim di lokasi peluncuran berhasil menyelesaikan enkapsulasi observatorium di dalam roket Ariane 5 yang akan meluncurkannya ke luar angkasa,” tulis pejabat NASA dalam pembaruan Sabtu (18/12), dilansir dari Space, Ahad (19/12).

Baca Juga

Berita itu muncul ketika NASA dan Arianespace, pembuat Ariane 5, bekerja memperbaiki masalah kabel data yang menunda misi dari target peluncuran 22 Desember. 

Tinjauan kesiapan peluncuran terakhir akan diadakan Selasa (21/12) untuk memastikan teleskop luar angkasa Webb siap diluncurkan. Jika demikian, roket Ariane 5 akan diluncurkan ke landasan peluncuran di Pusat Antariksa Guyana di Kourou, Guyana, Prancis pada Rabu (22/12). 

Pejabat agensi membingkai Webb sebagai penerus Teleskop Luar Angkasa Hubble. Ilmu pengetahuan topline Hubble termasuk menunjukkan alam semesta mempercepat dalam perluasannya, menemukan bulan-bulan baru di sekitar Pluto, dan membantu membangu peta materi gelap 3-D. 

Dengan 9,8 miliar dolar Amerika Serikat (AS), Webb siap untuk mengambil alih tongkat estafet setelah bertahun-tahun penundaan perkembangan, para ilmuwan berharap teleskop akan mendorong lebih jauh ke masa lalu. Teleskop akan melakukan perjalanan ke tempat terpencil sekitar 1 juta mil (1,6 juta kilometer) dari Bumi yang dikenal sebagai titik Lagrange tempat yang stabil secara gravitasi di antara dua benda langit. 

Di sana, jauh dari gangguan cahaya dari Bumi, Webb akan mengalihkan perhatiannya ke alam semesta awal, ke atmosfer exoplanet dan ilmu pengetahuan lainnya menggunakan teleskop lipat dengan lebar hampir 22 kaki (2,6 meter), kira-kira tiga kali bukaan dari era 1990-an. Hubble (delapan kaki atau 2,4 meter). Dengan lebih banyak bukaan yang tersedia, Webb akan mengumpulkan lebih banyak cahaya dan lebih banyak detail pada tujuan astronomis. 

Webb telah mengatasi banyak tantangan teknis, inflasi anggaran, dan ancaman pembatalan atas pengembangannya yang kompleks-termasuk rilis tak terduga dari clam band yang mendorong peluncuran beberapa hari lagi. 

The Atlantic mencatat ruang lingkup proyek asli yang meminta Webb untuk terbang pada 2007 dengan anggaran 500 juta dolar AS (sekitar 667 juta dolar pada 2021), tetapi kemajuan teknologi dan kesulitan yang tak terduga berkontribusi pada penundaan. (Pandemi juga merusak jadwal di tahun 2020.). 

Ini berarti lintasan anggaran Web juga mengikuti jejak Hubble, yang meluncurkan anggaran berlebih dan lebih lambat dari yang diharapkan. Hubble juga terkenal karena secara tidak sengaja pergi ke luar angkasa dengan cermin yang cacat, yang mengharuskan awak astronot untuk memperbaikinya. Webb akan terlalu jauh untuk bantuan seperti itu, tetapi NASA mengatakan kontraktor utama Northrop Grumman menguji semua sistem secara menyeluruh sebelum peluncuran. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement