Senin 20 Dec 2021 13:46 WIB

Garuda Indonesia Sudah PHK 2 Ribuan Pegawai Selama Pandemi

Pengurangan karyawan menurunkan biaya operasional hingga 10 juta dolar AS per bulan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra. Prayogi/Republika
Foto: Republika/Prayogi
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra. Prayogi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Irfan Setiaputra mengatakan Garuda telah melakukan sejumlah upaya dalam memperbaiki kondisi perusahaan, salah satunya dengan mengurangi jumlah pegawai. Irfan menyebut pemangkasan ribuan pegawai yang dilakukan Garuda merupakan efisiensi terhadap dampak pandemi bagi perusahaan.

"2020 dari mulai Januari sampai November tahun ini, kita sudah mengurangi jumlah pegawai sebesar 30,56 persen, dari 7.891 pegawai menjadi 5.400-an pegawai," ujar Irfan saat paparan publik Garuda Indonesia pada Senin (20/12).

Baca Juga

Irfan mengklaim proses pemangkasan ribuan pegawai dilakukan dengan cara yang sangat santun dan taat terhadap peraturan yang berlaku di Indonesia. Ia menilai pengurangan karyawan membuat Garuda dapat menurunkan biaya operasional hingga 10 juta dolar AS per bulan.

"Dari cost (biaya), ini ada penurunan di Januari 2020 sebesar 16 juta dolar AS per bulan menjadi hanya 6 juta dolar AS per bulan di Oktober," ucap Irfan.

Irfan menilai penurunan biaya operasional tak hanya lantaran pengurangan jumlah pegawai, melainkan juga pemotongan gaji di semua lini, termasuk direksi, komisaris, hingga pilot.

"Khusus jumlah pilot yang turun seperti biasa aja, yang biasa-biasa aja. Ada penurunan jumlah pilot yang lumayan besar, saya tidak ingin katakankan jumlahnya tapi sudah lebih dari dari 200-an orang dan kita saat ini memberlakukan periode kerja secara bergilir. Ketika tidak terbang di bulan tersebut kita tidak lakukan pembayaran gaji," kata Irfan.

Irfan menilai kebijakan pemotongan gaji merupakan kesepakatan bersama demi kebaikan perusahaan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement