Senin 20 Dec 2021 14:26 WIB

Tahun Depan Ancol Jadi Sirkuit Street Race Pembalap Jalanan di Jakarta

Polda Metro Jaya memilih Ancol sebagai salah satu sirkuit balap liar di Jakarta

Rep: Ali Mansur/ Red: Gita Amanda
Pengunjung berwisata di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, (ilustrasi). - Polda Metro Jaya memilih kawasan Ancol sebagai salah satu sirkuit balap liar di Jakarta.
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Pengunjung berwisata di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, (ilustrasi). - Polda Metro Jaya memilih kawasan Ancol sebagai salah satu sirkuit balap liar di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya memilih kawasan Ancol sebagai salah satu sirkuit balap liar di Jakarta. Langkah ini diputuskan usai Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran melakukan pertemuan dengan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Dirut PT Taman Impian Jaya Ancol Tbk Teuku Sahir Syahali.

"Hari ini kami dari IMI dan Polda Metro turut mengundang Dirut Ancol untuk sama-sama menemukan tempat untuk menampung kegiatan ini. Akhirnya kami sepakat Ancol menjadi salah satu tempat anak muda menyalurkan hobi balapnya," ujar Bamsoet di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (20/12).

Baca Juga

Ketua Majelis Permusyawarakat Rakyat (MPR) RI menyampaikan perhelatan road race maupun drag race itu bakal mulai digelar pada bulan Januari 2022. Bamsoet berharap dengan adanya balapan legal ini, maka aksi balap liar yang merugikan masyarakat bisa diminimalisir.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini tingkat balapan yang mengganggu masyarakat tidak ada lagi karena sudah disiapkan jalurnya di Ancol," terang Bamsoet.

Oleh karena itu, Bamsoet meminta agar Polda Metro Jaya segera direalisasikan. Dia juga berharap agar street race menjadi role model bagi polda-polda lainnya. Wacana perhelatan street race tersebut sudah digaungkan beberapa bulan lalu.

 

"Saya berikan apresiasi yang sangat luar biasa dan kita angkat topi kepada pak Kapolda Metro Jaya, dan mudah-mudahan ini akan menjadi percontohan, menjadi pilot project, dan menjadi model untuk bisa dilakukan di polda-polda lain," ucap Bamsoet.

Hal senada juga disampaikan oleh Fadil. Ia berharap perhelatan balapan ilegal di kawasan Ancol bisa menumbuhkan roda ekonomi. Tidak hanya balapan, pihaknya juga bakal menyelenggarakan sejumlah kegiatan yang bisa dimanfaatkan masyarakat di lokasi tersebut. Sehingga ekosistemnya akan berkembang positif, apalagi Formula E juga bakal diselenggarakan di Ancol

"Mereka nggak hanya balapan dengan sendal jepit tapi dengan sepatu, helm, jaket balap seperti di Moto GP agar keselamatan jadi utama dan ini akan dipinjamkan IMI gratis," terang Fadil.

Kemudian terkait dengan dipilihnya Ancol sebagai venue balapan, Dirut Ancol Teuku Sahir Syahali sangat mendukung ajang street race tersebut. Ia menegaskan pihaknya siap mendukung kegiatan street race tersebut. Bahkam sejumlah persiapan bakal terus dimatangkan.

"Kami Ancol sangat dukung dan akan support kegiatan 15 Januari besok. Sekarang 20 Desember jadi kita harus kerja keras cepat agar apa yang direncanakan bisa berjalan baik," kata Sahir.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَالَتِ الْيَهُوْدُ وَالنَّصٰرٰى نَحْنُ اَبْنٰۤؤُ اللّٰهِ وَاَحِبَّاۤؤُهٗ ۗ قُلْ فَلِمَ يُعَذِّبُكُمْ بِذُنُوْبِكُمْ ۗ بَلْ اَنْتُمْ بَشَرٌ مِّمَّنْ خَلَقَۗ يَغْفِرُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ وَيُعَذِّبُ مَنْ يَّشَاۤءُۗ وَلِلّٰهِ مُلْكُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا ۖوَاِلَيْهِ الْمَصِيْرُ
Orang Yahudi dan Nasrani berkata, “Kami adalah anak-anak Allah dan kekasih-kekasih-Nya.” Katakanlah, “Mengapa Allah menyiksa kamu karena dosa-dosamu? Tidak, kamu adalah manusia (biasa) di antara orang-orang yang Dia ciptakan. Dia mengampuni siapa yang Dia kehendaki dan menyiksa siapa yang Dia kehendaki. Dan milik Allah seluruh kerajaan langit dan bumi serta apa yang ada di antara keduanya. Dan kepada-Nya semua akan kembali.”

(QS. Al-Ma'idah ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement