Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

27 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Hal yang Kini Sulit Dilakukan: Menemukan Nama Eden Hazard di Daftar Pemain Terbaik Dunia

Kamis 06 Jan 2022 23:01 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Winger Real Madrid Eden Hazard saat turun membela timnya melawan Cadiz di La Liga Spanyol, Senin (20/12) dini hari WIB.

Winger Real Madrid Eden Hazard saat turun membela timnya melawan Cadiz di La Liga Spanyol, Senin (20/12) dini hari WIB.

Foto: EPA-EFE/Kiko Huesca
Sejumlah permasalahan membuat yang bersangkutan mengalami situasi buruk.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Frederikus Bata

Eden Hazard salah satu pesepak bola dengan kualitas kelas dunia dalam satu dekade terakhir. Ia turut menjadi sorotan publik saat masih berkostum Chelsea.

Baca Juga

Selama tujuh musim, pria Belgia ini memperkuat the Blues. Tepatnya dari 2012 hingga 2019. Selama periode tersebut, ia tampil dalam 352 laga di berbagai ajang, dan mencetak 110 gol.

Ia merasakan nikmatnya meraih trofi Liga Primer Inggris, Liga Europa, dan berbagai penghargaan lainnya. Hazard pun mengoleksi beberapa gelar individu. Tak jarang, sosok yang biasa ditempatkan sebagai winger kiri ini disejajarkan dengan Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, juga Neymar jr.

Eden

photo
Cedera, jadi faktor melempemnya Eden Hazard - (EPA-EFE/Oli Scarff )
Setelah malang melintang di Chelsea, kapten Belgia ini mengejar mimpi masa kecilnya. Ia menuju Real Madrid. Tak tanggung-tanggung ia menjadi pengganti Ronaldo di sana.

Berjalannya waktu, Hazard gagal menampilkan performa optimal. Sejumlah permasalahan membuat yang bersangkutan mengalami situasi buruk. Umumnya karena cedera. 

Pertanyaannya, apakah pesepak bola yang juga bisa berperan sebagai gelandang serang itu masih berada di jajaran para pemain terbaik dunia? Entahlah. Statistik menunjukkan dalam dua musim perdananya di El Real, jebolan akademi Lille ini hanya tampil dalam 43 laga di berbagai ajang, dan mencetak lima gol.

Sepanjang musim ini bergulir, Hazard sudah mentas di 16 pertandingan. Faktanya, ia belum benar-benar menjadi starter reguler di Los Blancos. 

"Namun karena covid-19 yang menghantam skuat Real Madrid membuat pemain seperti Rodrygo Goes, Marco Asensio, serta Gareth Bale terkena dampaknya. Itu memberi kesempatan kepada Hazard untuk mendampingi Karim Benzema dan Vinicius Junior," demikian laporan dari Marca, Jumat (7/2/2022).

Jika semua bintang si putih kembali, Hazard harus rela menjadi penghuni bangku cadangan. Apalagi yang bersangkutan bermain di posisi yang sama dengan Vinicius. Nama terakhir sedang bagus-bagusnya.

Hazard bukannya tanpa progres positif. Ia menunjukkan penampilan impresif ketika membela Los Blancos menghadapi Athletic Bilbao pada 22 Desember 2021. Susah payah anak asuh Carlos Ancelotti menundukkan Bilbao 2-1 di San Memes.

Usai pertandingan, secara khusus Ancelotti memuji penampilan mantan jagoan the Blues itu. "Hazard telah melakukan dengan baik. Dia berjuang keras," ujar Don Carlo, dikutip dari marca.

Kata-kata sang entrenador bukan sebuah jaminan. Tetap saja, nasib Hazard di Santiago Bernabeu mengalami ketidakjelasan. Apalagi belakangan ini, Madrid terus dikaitkan dengan sejumlah nama.

Baca juga : Hasil Liga Italia: Duel Juventus Vs Napoli tanpa Pemenang

Ada Kylian Mbappe, Erling Braut Haaland yang masuk radar El Real. Jika nama-nama tersebut didatangkan, maka Madrid perlu menyeimbangkan neraca keuangan mereka. Melepas Hazard di bursa transfer, opsi yang masuk akal.

Pelatih Belgia, Roberto Martinez turut mengikuti sepak terjang kapten timnya di klub. Ia prihatin dengan kondisi Hazard. Pemain dengan nama besar seperti itu, tentu mengalami kesulitan ketika jarang unjuk gigi.

"Tentu saja, situasi seperti ini, sesuatu yang baru baginya. Bisa jadi membuatnya mrasa sulit," ujar Martinez.

Sang arsitek tak mau berandai-andai. Kesempatan Hazard untuk menampikan performa luar biasa di Qatar masih ada. Tentunya lewat progres yang ditunjukkan di Real Madrid.

Sulit bagi penikmat sepakbola untuk melihat aksi sang bintang seperti dulu lagi. Beberapa kali, pergelangan kakinya masuk ruang operasi. Terpenting, saat ini, yang bersangkutan bisa menjaga kebugarannya. 

Sehingga bisa tersedia untuk sejumlah pertandingan di depan mata. Teranyar, Hazard menjadi starter saat Madrid bertemu tuan rumah Alcoyano pada babak 32 besar Copa del Rey. Si putih menundukkan tim dari divisi tiga Liga Spanyol itu dengan skor 3-1.

Baca juga : Striker Liverpool Penghangat Bangku Cadangan Ini Didekati Tiga Klub Italia

Sosok bernomor punggung tujuh itu bermain sebagai starter dan tampil selama 76 menit, di Campo Municipal El Collao, Kamis (6/1) dini hari WIB. Sebuah kemajuan. Beberapa jam lagi, usia Hazard menyentuh angka 31.

Ada harapan besar dari para pengagumnya. Mereka ingin melihat aksi Hazard di Chelsea terulang di Madrid. Menarik dinantikan bagaimana sepak terjang sang winger di sisa musim ini.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile