Senin 10 Jan 2022 15:21 WIB

Polisi Tetapkan Pemilik Ponpes di Ciparay Tersangka Pelecehan Seksual

"Saya sangat menyesal sekali. Saya memohon maaf sebesar-besarnya," kata H.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andri Saubani
Ilustrasi Pelecehan Seksual. (Republika/Prayogi)
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi Pelecehan Seksual. (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Jajaran Satreskrim Polresta Bandung menetapkan pemilik pondok pesantren di Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung berinisial H sebagai tersangka kasus dugaan pelecehan seksual terhadap santriwati. Tiga orang santriwati yang masih berusia di bawah umur menjadi korban pelaku.

"Pada hari ini Senin kita melakukan preskon berkaitan dengan dugaaan tindak pidana persetubuhan junto subsider pencabulan yang dilakukan oleh saudara H. Ini adalah pemilik ponpes yang dilakukan kepada tiga santri yang ada di ponpes tersebut dengan kejadian dari mulai 2019 sampai dengan 2021," ujar Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo, Senin (10/1).

Baca Juga

Ia menuturkan pelaku melakukan tindak pidana pelecehan seksual dengan dalih mengisi tenaga dalam kepada para santriwatinya. Pascaaksi pelecehan seksual, salah seorang korban bercerita kepada orang tuanya dan langsung dilaporkan ke Polresta Bandung pada 1 Januari.

"Modus yang dilakukan adalah dalih mengisi tenaga dalam kemudian yang bersangkutan para korban memijit si pemilik ponpes ini kemudian berbalik si pemilik ponpes ini melakukan pijatan-pijatan kepada para korban yang berlanjut sampai dengan tindakan-tindakan perbuatan yang tak senonoh tersebut," katanya.

Pihaknya langsung bergerak cepat meminta keterangan kepada korban dan saksi-saksi. Termasuk mengamankan barang bukti dan melakukan visum terhadap para korban tersebut.

"Tidak sampai seminggu sudah kita lakukan pengamanan terhadap tersangka dan kita tetapkan statusnya sebagai tersangka," katanya. Kapolresta mengatakan pelaku dijerat pasal 81 dan 82 undang-undang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

 

Kusworo mengatakan, korban pelecehan seksual berjumlah tiga orang. Pihaknya membuka diri jika terdapat masyarakat yang akan menyampaikan informasi terkait jika ditemukan korban-korban lainnya.

Ia mengatakan pelaku melakukan perbuatan kejinya di ruangan miliknya berulang kali. Berdasarkan pemeriksaan dokter, para korban tidak sampai mengandung.

"Sejauh ini dari pemeriksaan dokter tidak (hamil)," katanya. Trauma healing terus dilakukan kepada para korban dengan harapan mengurangi trauma.

Pihaknya pun akan berkoordinasi dengan Kemenag untuk memastikan status operasional pesantren tersebut apakah legal atau tidak. Ia mengimbau kepada orang tua untuk terus menjalin komunikasi dengan anak dan anak membuka diri kepada orang tua jika terdapat masalah.

Pelaku H mengaku melakukan tindak pidana pelecehan seksual kurun waktu tahun 2019 lalu. Ia mengaku menyesal telah melakukan perbuatan tersebut dan memohon maaf kepada keluarga korban.

"Saya sangat menyesal sekali. Sangat menyesal. Saya memohon maaf sebesar-besarnya," katanya.

photo
Herry Wirawan, terdakwa dugaan pemerkosaan belasan santriwati di Bandung, Jabar. - (Republika)

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
تِلْكَ الرُّسُلُ فَضَّلْنَا بَعْضَهُمْ عَلٰى بَعْضٍۘ مِنْهُمْ مَّنْ كَلَّمَ اللّٰهُ وَرَفَعَ بَعْضَهُمْ دَرَجٰتٍۗ وَاٰتَيْنَا عِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ الْبَيِّنٰتِ وَاَيَّدْنٰهُ بِرُوْحِ الْقُدُسِۗ وَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ مَا اقْتَتَلَ الَّذِيْنَ مِنْۢ بَعْدِهِمْ مِّنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُمُ الْبَيِّنٰتُ وَلٰكِنِ اخْتَلَفُوْا فَمِنْهُمْ مَّنْ اٰمَنَ وَمِنْهُمْ مَّنْ كَفَرَ ۗوَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ مَا اقْتَتَلُوْاۗ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يُرِيْدُ ࣖ
Rasul-rasul itu Kami lebihkan sebagian mereka dari sebagian yang lain. Di antara mereka ada yang (langsung) Allah berfirman dengannya dan sebagian lagi ada yang ditinggikan-Nya beberapa derajat. Dan Kami beri Isa putra Maryam beberapa mukjizat dan Kami perkuat dia dengan Rohulkudus. Kalau Allah menghendaki, niscaya orang-orang setelah mereka tidak akan berbunuh-bunuhan, setelah bukti-bukti sampai kepada mereka. Tetapi mereka berselisih, maka ada di antara mereka yang beriman dan ada (pula) yang kafir. Kalau Allah menghendaki, tidaklah mereka berbunuh-bunuhan. Tetapi Allah berbuat menurut kehendak-Nya.

(QS. Al-Baqarah ayat 253)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement