Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

 

8 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Kelenjar Getah Bening Bengkak Setelah Disuntik Vaksin Booster Covid-19, Jangan Khawatir!

Kamis 13 Jan 2022 21:04 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Penyuntikan dosis booster vaksin Covid-19. Pembengkakan kelenjar getah bening usai vaksinasi dosis penguat bukan efek samping yang perlu dikhawatirkan.

Penyuntikan dosis booster vaksin Covid-19. Pembengkakan kelenjar getah bening usai vaksinasi dosis penguat bukan efek samping yang perlu dikhawatirkan.

Foto: AP/Tatan Syuflana
Pembengkakan kelenjar getah bening dapat terjadi pada lengan yang disuntik vaksin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda mengalami pembengkakan kelenjar getah bening di lengan tempat menerima vaksin Covid-19 atau dosis booster? Jangan khawatir.

 

Faktanya, meskipun Anda mungkin tidak mengalaminya dengan dosis awal vaksin, masih ada kemungkinan itu terjadi setelah suntikan booster. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), efek samping vaksin sebenarnya lebih umum muncul dari suntikan booster atau dosis tambahan daripada saat pemberian dosis awal vaksin Covid-19.

Baca Juga

Namun, CDC mengatakan itu bukan efek samping yang perlu dikhawatirkan masyarakat.

"Pembengkakan ini adalah tanda normal bahwa tubuh Anda membangun perlindungan terhadap Covid-19," tulis situs web CDC, dilansir NBC Chicago, Kamis (13/1/2022).

Menurut seorang dokter penyakit dalam dan direktur kesehatan populasi untuk Yale Medicine, Brita Roy, reaksi suntikan booster mirip dengan alasan dokter memeriksa pembengkakan kelenjar getah bening dengan radang tenggorokan atau infeksi flu untuk melihat apakah tubuh Anda meningkatkan respons kekebalan. Vaksinasi Covid-19 diberikan di lengan dan kelenjar getah bening terdekat adalah di bawah lengan, jadi di situlah reaksi terjadi.

"Ini benar-benar normal. Ini adalah sistem kekebalan Anda yang bereaksi terhadap vaksin, sebagaimana mestinya," kata Roy.

Namun, Anda harus berhati-hati sebelum melakukan mammogram setelah vaksinasi. CDC menjelaskan bahwa ada kemungkinan pembengkakan ini dapat menyebabkan pembacaan yang salah pada mammogram.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile