Jumat 28 Jan 2022 19:45 WIB

Quick Commerce Bersiap Jadi Generasi Ketiga Industri e-Commerce

Perdagangan ritel berevolusi dari awalnya toko konvensional menjadi pengiriman dalam 2-3 hari sampai dan sekarang menjadi model bisnis generasi ketiga yang disebut quick commerce atau q-commerce.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Partner
.
.

Quick commerce mulai bermunculan di Indonesia/ Foto: olahan pribadi dengan Canva
Quick commerce mulai bermunculan di Indonesia/ Foto: olahan pribadi dengan Canva

Siapa yang masih ingat ketika Domino's Pizza pertama kali menerapkan aplikasi lacak pesanan? Kita bisa mengetahui posisi pizza delivery expert yang mengantarkan pesanan kita dengan garansi pengiriman 30 menit sampai.

Sekarang banyak dari kita melakukan hal sama dengan mode pengantaran makanan cepat saji ala GrabFood dan GoFood, bahkan diikuti peritel-peritel sembako selama pandemi Covid-19.

Perdagangan ritel berevolusi dari awalnya toko konvensional menjadi pengiriman dalam 2-3 hari sampai di platform e-commerce, seperti Shopee dan Tokopedia, dan sekarang menjadi model bisnis generasi ketiga yang disebut quick commerce atau q-commerce.

Awalnya quick commerce sebatas mengirimkan barang-barang pesanan berukuran kecil dalam waktu kurang dari satu jam. Kini toko kelontong, supermarket, dan pedagang lokal beramai-ramai membuka layanan sama.