Rabu 09 Feb 2022 01:10 WIB

Rekomendasi Makanan-Minuman Buat yang Sudah Divaksinasi Lalu Positif Covid-19

Untuk mendukung pemulihan dari Covid-19, coba asup tujuh makanan-minuman ini.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah makanan dan minuman tertentu direkomendasikan ahli gizi untuk pemulihan Covid-19, termasuk pada orang yang mengalami kasus terobosan, yakni kena Covid-19 meski sudah divaksinasi.
Foto: www.freepik.com
Sejumlah makanan dan minuman tertentu direkomendasikan ahli gizi untuk pemulihan Covid-19, termasuk pada orang yang mengalami kasus terobosan, yakni kena Covid-19 meski sudah divaksinasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manfaat utama vaksinasi Covid-19 adalah untuk menekan risiko sakit berat, menghindari risiko sampai dirawat di rumah sakit, hingga menurunkan risiko kematian terkait Covid-19. Oleh karena itu, orang yang sudah divaksinasi tidak serta-merta kebal terhadap Covid-19.

Kasus Covid-19 pada orang-orang yang sudah divaksinasi ini dikenal sebagai infeksi terobosan (breakthrough infection). Individu yang mengalaminya cenderung merasakan gejala Covid-19 yang lebih ringan.

Baca Juga

Meski begitu, gejala-gejala ini tetap bisa memunculkan rasa tak nyaman. Menurut ahli gizi, ada tujuh makanan dan minuman bisa membuat gejala infeksi breakthrough terasa lebih ringan, seperti dilansir Huffington Post, Selasa (8/2/2022).

Sup sayur

Ahli diet Morgyn Clair merekomendasikan sup sayur hangat dengan sumber protein sehat sebagai pendamping, seperti ayam atau tahu. Kombinasi ini dapat memberikan asupan vitamin dan mineral ekstra yang penting dalam proses pemulihan diri.

Sensasi hangat dari sup sayur juga dapat membantu meredakan gejala Covid-19, seperti nyeri tenggorokan atau hidung tersumbat. Sedangkan protein yang menjadi pendamping bisa membantu mendukung fungsi imun.

Kaldu tulang

Sebagian orang kehilangan nafsu makan ketika mengalami Covid-19. Sup kaldu tulang bisa menjadi salah satu opsi asupan yang mudah dikonsumsi dan memiliki nilai gizi.

photo
Sudah divaksinasi, orang masih bisa kena Covid-19. - (Republika)

Ahli gizi Paula Doebrich mengungkapkan bahwa kaldu tulang mengandung protein, kalsium, magnesium, fosfor, zinc, zat besi, dan mineral lain yang lebih tinggi. Banyak dari nutrisi ini yang dibutuhkan sistem imun untuk berfungsi dengan optimal.

Dr Frank Lipman menyebut, kaldu tulang juga bermanfaat dalam menjaga hidrasi tubuh di masa pemulihan. Asupan ini tak hanya cocok bagi orang dewasa, tetapi juga anak.

Buah beri

Di masa pemulihan Covid-19, asupan makanan yang kaya vitamin amat dibutuhkan. Salah satu sumber makanan kaya vitamin adalah buah beri.

Ahli gizi Linda Altenburger mengatakan, buah beri kaya akan antioksidan seperti quercetin dan vitamin C. Antioksidan ini dibutuhkan untuk menekan inflamasi dan memberikan perlawanan terhadap infeksi lewat peningkatan imun tubuh.

Oatmeal

Asupan serat yang cukup juga diperlukan selama masa pemulihan Covid-19. Oatmeal merupakan salah satu makanan kaya serat yang bisa memelihara bakteri baik di dalam usus, yang berperan penting dalam sistem imun.

Selain itu, oatmeal merupakan salah satu makanan yang bisa dikreasikan dengan mudah, seperti disajikan bersamaan dengan yoghurt dan buah beri.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ
Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar.

(QS. Al-Baqarah ayat 255)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement