Kamis 17 Feb 2022 00:59 WIB

Erick: Wayang Bukan Hiburan Semata Tapi Bisa Jadi Sarana Menyebarkan Agama

Menteri Erick Thohir angkat bicara soal polemik wayang haram dan sebaiknya dimusnakan

Red: Bayu Hermawan
Erick Thohir
Foto: Dok Republika
Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir, ikut angkat bicara mengenai polemik wayang haram dan sebaiknya dimusnakan. Erick mengatakan, wayang merupakan budaya milik bangsa Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.

Menurutnya, sejak dulu wayang bukan hanya sekadar hiburan semata namun bisa digunakan untuk berbagai hal salah satunya dalam menyebarkan agama Islam. "Buat saya ini bukan sesuatu yang perlu dibilang baik dan tidak baik. Ini budaya kita yang harus dijaga," ucap Erick usai bertemu dengan DPP Pujakesuma di Jakarta, Rabu (16/2/2022).

Erick mengatakan, seni dan budaya milik bangsa Indonesia sudah diakui dan mendapat apresiasi dari masyarakat dunia. Ia mencontohkan saat Asian Games, dimana dalam upacara pembukaan menampilkan berbagai seni dan budaya yang ada di Indonesia. Hasilnya, masyarakat Internasional memberikan apresiasi dan menjadi headline di berbagai surat kabar.

"Nah tentu dengan pengalaman pribadi yang saya alami di Asian Games apalagi sejak dulu saya mencintai budaya dan seni, saya sangat menolak ketika kebudayaan kita ini harus ditinggalkan dengan maksud-maksud tertentu," ujarnya.