Selasa 22 Feb 2022 19:17 WIB

Moeldoko akan Beri Pembekalan pada KKN Kebangsaan 2022 di Palangkaraya

KKN Kebangsaan 2022 nantinya akan diikuti sebanyak 3.000 mahasiswa.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Andi Nur Aminah
 Panitia Pelaksana KKN Kebangsaan UPR Palangkaraya, usai beraudiensi dengan Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko di kompleks Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (22/2).
Foto: Istimewa
Panitia Pelaksana KKN Kebangsaan UPR Palangkaraya, usai beraudiensi dengan Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko di kompleks Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (22/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Moeldoko, disebut telah menyatakan kesediaannya memberikan materi pembekalan bagi mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan ke-10 tahun. Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan pada 17 Juli 2022 di Universitas Palangka Raya (UPR), Kalimantan Tengah.

"Iya beliau (Moeldoko) menyatakan kesediaan dirinya untuk hadir pada saat pembukaan KKN Kebangsaan di UPR Palangkaraya dan sekaligus memberikan materi pembekalan kepada para mahasiswa peserta program KKN Kebangsaan dari kampus seluruh Indonesia," kata Ketua Panitia Pelaksana KKN Kebangsaan UPR Palangkaraya, Aswin Usup, usai audiensi dengan Moeldoko di kompleks Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (22/2).

Aswin mengatakan, Moeldoko dijadwalkan akan membawakan materi pembekalan di hadapan mahasiswa peserta KKN Kebangsaan dengan judul: “Membangun ketahanan pangan, kemandirian pertanian, dan peningkatan kesejahteraan petani." Aswin menuturkan, kegiatan KKN Kebangsaan ke-10 tahun 2022 diharapkan dapat mengeksplorasi potensi dan kemampuan pemecahan masalah para mahasiswa.

"Terutama yang menjadi tantangan bagi peserta adalah bisa berkontribusi terhadap penanganan lahan gambut di Kalteng yang selama ini tercatat menjadi pemberi emisi terbesar ketiga di dunia," jelas Aswin.

Selama ini wilayah Kalimantan Tengah dikenal memiliki lahan gambut terbesar di Indonesia. Di mana lahan gambut berfungsi sebagai penyimpan karbondioksida yang alami. Karbondioksida dalam jumlah besar, merupakan penyumbang besar terhadap pemanasan global, akan terlepas ke atmosfer ketika lahan gambut dialihfungsikan. Apalagi lebih dari 90 persen emisi karbondioksida tersebut berasal dari Indonesia.

Sebagai Ketua Panitia Pelaksana KKN Kebangsaan di Universitas Palangkaraya, Aswin mengatakan, pelaksanaan KKN Kebangsaan 2022 nantinya akan diikuti sebanyak 3.000 mahasiswa. Mereka terdiri atas mahasiswa terbaik dari 85 PTN se-Indonesia dan juga akan dihadiri oleh mahasiswa UPR sebagai tuan rumah. Penunjukan UPR sebagai tuan rumah KKN Kebangsaan ke-10 tahun 2022 melalui keputusan dalam  rapat koordinasi PTN se Indonesia, seusai pelaksanaan KKN Kebangsaan Ke-9 di Universitas Jambi (UNJAM) tahun 2021.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement