Selasa 01 Mar 2022 13:52 WIB

Cara Manfaatkan Opsi Privasi Baru di Android 12

Pembaruan Android 12 menawarkan sejumlah fitur terkait privasi yang bisa dijelajahi.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Sistem android. Ilustrasi
Foto: Ubergizmo
Sistem android. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembaruan Android 12 menawarkan sejumlah fitur terkait privasi yang bisa Anda jelajahi, seperti Private Compute Core. Ada tiga tambahan fitur terkait privasi yang paling signifikan di Android dan perlu Anda ketahui manfaatnya.

Berikut tiga fitur itu, seperti dilansir The Verge, Selasa (1/3/2022):

Baca Juga

photo
Cara mengatur privacy dashboard di Android 12 - (the verge)
 

1.Dasbor Privasi

Pertama dan terpenting dalam jajaran privasi Android 12 adalah Dasbor Privasi baru Google. Pada dasarnya ini merupakan pusat perintah yang disederhanakan. Anda dapat melihat bagaimana aplikasi yang berbeda mengakses data di perangkat sehingga Anda bisa membatasi akses tersebut sesuai kebutuhan.

Di Android versi Google, Anda dapat membuka Dasbor Privasi dalam tiga langkah:

-Buka pengaturan sistem Anda dengan menggesek ke bawah dua kali dari atas layar dan mengetuk ikon roda gigi pada panel yang muncul.

-Gulir ke bawah dan ketuk bagian "Privasi."

-Ketuk entri "Dasbor Privasi" di bagian atas layar.

Dari Dasbor Privasi, Anda dapat menelusuri semua jenis fitur tertentu, seperti Lokasi atau Kamera. Anda akan mendapatkan garis waktu yang memberi tahu kapan aplikasi telah mengakses fitur itu. Jika Anda mencari fitur selain Lokasi, Kamera, atau Mikrofon, Anda mungkin perlu mengetuk "Lihat izin lain" di bagian bawah layar.

photo
Indikator sensor di Android 12. Kapan pun aplikasi mengakses Kamera atau Mikrofon ponsel, Android 12 akan menempatkan indikator di sudut kanan atas layar untuk memperingatkan Anda. - (the verge)

2.Indikator akses sensor

Fitur lain yang terdapat pada privasi Android 12 adalah indikator akses sensor. Terkadang, fitur tersebut terlihat di layar tetapi pesannya kemungkinan tidak selalu jelas. Kapan pun aplikasi mengakses Kamera atau Mikrofon ponsel, Android 12 akan menempatkan indikator di sudut kanan atas layar untuk memperingatkan Anda.

Saat indikator pertama kali muncul, itu menunjukkan ikon yang sesuai dengan cara akses yang tepat. Namun, ikon itu tetap terlihat hanya selama beberapa detik. Setelah itu indikator berubah menjadi titik hijau kecil.

Jadi, bagaimana Anda bisa tahu apa yang sedang diakses dan aplikasi mana yang bertanggung jawab? Rahasianya ada di gesek ke bawah. Kapan pun Anda melihat titik hijau di sudut layar, geser ke bawah sekali dari atas layar. Titik akan meluas kembali ke ikon penuh dan Anda dapat mengetuknya untuk melihat apa yang terlibat.

Mengetuk nama aplikasi apa pun di pop-up itu akan membawa Anda langsung ke halaman izin aplikasi itu, tempat Anda dapat menilai kembali jenis akses apa yang diizinkan dan tidak diizinkan.

photo
Serangkaian sakelar baru di Android 12 yang memungkinkan Anda mematikan Kamera, Mikrofon, atau sensor GPS ponsel Anda sepenuhnya dengan satu ketukan cepat. - (the verge)
 

3.Sakelar sensor

Fitur terakhir adalah serangkaian sakelar baru yang memungkinkan Anda mematikan Kamera, Mikrofon, atau sensor GPS ponsel Anda sepenuhnya dengan satu ketukan cepat.

Untuk mencobanya, berikut langkahnya:

-Gesek ke bawah dua kali dari atas layar ponsel Anda.

-Ketuk ikon berbentuk pensil di sudut kiri bawah panel "Quick Settings" atau "Pengaturan Cepat." Jika Anda menggunakan ponsel selain Pixel, Anda mungkin harus mengetuk ikon menu tiga baris dan mencari perintah "Edit."

-Gulir ke bawah ke bagian bawah daftar dan cari kotak berlabel "Akses Kamera", "Akses Mikrofon", dan "Lokasi".

-Satu per satu, tekan dan tahan setiap kotak selama satu detik lalu geser jari Anda ke atas untuk memindahkannya ke area aktif panel Pengaturan Cepat.

Setelah Anda memiliki ketiganya, cukup ketuk panah di sudut kiri atas layar. Sakelar cepat sekarang akan hadir dan dapat diakses di area Pengaturan Cepat reguler. Yang diperlukan hanya sapuan cepat ke bawah dan ketukan di kotak kanan untuk menonaktifkan sensor terkait pada saat itu juga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement