Kamis 03 Mar 2022 18:39 WIB

Dievakuasi dengan Garuda, 80 WNI dari Ukraina Tiba di Jakarta

Saat ini masih ada 14 WNI yang masih harus tinggal di Bucharest

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Konferensi pers virtual Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi tentang proses evakuasi WNI dari Ukraina, Selasa (1/3) .
Foto: Republika/Fergi Nadira
Konferensi pers virtual Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi tentang proses evakuasi WNI dari Ukraina, Selasa (1/3) .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi mengatakan, 80 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Ukraina, telah tiba di Jakarta. Mereka tiba pada Kamis (3/3/2022) sekitar pukul 17.10 WIB dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Dalam rombongan tersebut terdapat tiga warga negara asing yang merupakan keluarga dari WNI. Kedatangan mereka disambut oleh Retno dan Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra. 

Baca Juga

"Selamat datang di Tanah Air dan selamat berkumpul dengan keluarga, dan terus jaga protokol kesehatan," ujar Retno.

Retno mengatakan, saat ini masih ada 14 orang yang masih harus tinggal di Bucharest, Romania untuk sementara waktu. Mereka belum dapat ikut dalam rombongan kepulangan. Berdasarkan hasil tes kesehatan, sebanyak 12 orang dinyatakan positif Covid-19. Sementara dua orang lainnya memilih tinggal di Bucharest untuk menemani anak mereka yang positif Covid-19.

"Empat belas orang tersebut akan dipantau dan didampingi oleh KBRI di Bucharest, jika kondisi kesehatan sudah memungkinkan mereka akan dipulangkan dengan pesawat komersial," kata Retno.

Retno menambahkan, tim penjemput dari Jakarta berangkat menuju Bucharest dari Bandara Soekarno Hatta pada 2 Maret pukul 18.40 WIB. Mereka tiba di Bandara Henri Coanda, Bucharest pada 3 Maret pukul 15.10 waktu setempat. 

Pesawat penjemput kembali diberangkatkan dari Bucharest menuju Jakarta pada pukul 20.23 waktu setempat atau 5,5 jam setelah mendarat. Rute perjalanan yang ditempuh adalah Bucharest-Madinah-Jakarta dengan waktu perjalanan sekitar 17 jam.

Retno mengatakan, saat ini terdapat empat WNI di Kharkiv sudah dievakuasi dan tiba di Lviv dengan selamat. Kharkiv adalah kota terbesar kedua di Ukraina. Pertempuran di kota tersebut hingga kini masih terus berlangsung. 

"Perjalanan yang harus dilalui oleh WNI sangat tidak mudah. Mereka harus melalui sejumlah pemeriksaan di tengah jam malam yang berlaku di sana," ujar Retno.

Retno mengatakan, tim KBRI Warsawa sudah menjemput empat WNI tersebut. Selain itu, bergabung pula satu tambahan WNI yang sudah tiba dan bertemu dengan tim penjemput di Lviv. Mereka akan dibawa ke safe house di Polandia untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, termasuk PCR. Kemudian mereka akan dibawa ke Warsawa untuk menunggu kepulangan ke Indonesia.

"Pemerintah akan terus berupaya untuk melakukan evakuasi sembilan WNI yang masih berada di kota Chernihiv," kata Retno. 

Baca: Ancaman Banjir Bandang, Setengah Juta Warga Sydney Diminta Mengungsi

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَيْسَ عَلَى الْاَعْمٰى حَرَجٌ وَّلَا عَلَى الْاَعْرَجِ حَرَجٌ وَّلَا عَلَى الْمَرِيْضِ حَرَجٌ وَّلَا عَلٰٓى اَنْفُسِكُمْ اَنْ تَأْكُلُوْا مِنْۢ بُيُوْتِكُمْ اَوْ بُيُوْتِ اٰبَاۤىِٕكُمْ اَوْ بُيُوْتِ اُمَّهٰتِكُمْ اَوْ بُيُوْتِ اِخْوَانِكُمْ اَوْ بُيُوْتِ اَخَوٰتِكُمْ اَوْ بُيُوْتِ اَعْمَامِكُمْ اَوْ بُيُوْتِ عَمّٰتِكُمْ اَوْ بُيُوْتِ اَخْوَالِكُمْ اَوْ بُيُوْتِ خٰلٰتِكُمْ اَوْ مَا مَلَكْتُمْ مَّفَاتِحَهٗٓ اَوْ صَدِيْقِكُمْۗ لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ اَنْ تَأْكُلُوْا جَمِيْعًا اَوْ اَشْتَاتًاۗ فَاِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوْتًا فَسَلِّمُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ مُبٰرَكَةً طَيِّبَةً ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمُ الْاٰيٰتِ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ ࣖ
Tidak ada halangan bagi orang buta, tidak (pula) bagi orang pincang, tidak (pula) bagi orang sakit, dan tidak (pula) bagi dirimu, makan (bersama-sama mereka) di rumah kamu atau di rumah bapak-bapakmu, di rumah ibu-ibumu, di rumah saudara-saudaramu yang laki-laki, di rumah saudara-saudaramu yang perempuan, di rumah saudara-saudara bapakmu yang laki-laki, di rumah saudara-saudara bapakmu yang perempuan, di rumah saudara-saudara ibumu yang laki-laki, di rumah saudara-saudara ibumu yang perempuan, (di rumah) yang kamu miliki kuncinya atau (di rumah) kawan-kawanmu. Tidak ada halangan bagi kamu makan bersama-sama mereka atau sendiri-sendiri. Apabila kamu memasuki rumah-rumah hendaklah kamu memberi salam (kepada penghuninya, yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, dengan salam yang penuh berkah dan baik dari sisi Allah. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat(-Nya) bagimu, agar kamu mengerti.

(QS. An-Nur ayat 61)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement