Sabtu 12 Mar 2022 21:10 WIB

Wagub Ajak Masyarakat Ubah Mindest Sungai Bukan Tempat Pembuangan Sampah

Masyarakat sudah waktunya menjaga sungai bersih dan rapi, seperti di negara maju..

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
...
Foto: Dok pribadi
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengajak masyarakat Ibu Kota untuk mengubah pola pikir (mindset) mengenai sungai agar keberadaannya tidak lagi sebagai tempat untuk membuang sampah. "Kepedulian masyarakat terhadap sungai masih kurang, masyarakat kita masih menjadikan sungai sebagai tempat sampah raksasa. Ini yang perlu kita perbaiki," kata Riza di Jakarta, Sabtu (12/3/2022).

Riza meminta masyarakat merenungkan kondisi sungai di Jakarta dibandingkan dengan negara maju. "Kalau di banyak negara maju sungai itu jadi beranda depan, sehingga dia harus bersih, rapi, indah, harus hijau airnya harus mengalir. Tapi, kita sebaliknya jadi tempat belakang rumah. Tidak hanya sampah tapi semua yang tidak baik dibuang ke sungai," ujar ketua DPD Partai Gerindra DKI tersebut.

Karena itu, Riza mengingatkan masyarakat agar mengubah pola pikir itu yang disebutnya kini sudah waktunya masyarakat menjaga sungai termasuk Sungai Ciliwung. Jangan sampai sungai tidak terjaga, bahkan semakin mengecil dari tahun ke tahun yang menyebabkan berkurangnya daya tampung dan aliran air. "Mindset ini yang harus kita ubah ke depan. Sudah saatnya sungai dianggap sumber kehidupan kita yang harus kita jaga," ucapnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement