Selasa 15 Mar 2022 15:30 WIB

Strategi Peningkatan Pemasaran UMKM dengan Digital Marketing

Pelatihan digital marketing ini memadukan teknik serta pengetahuan psikologi pasar

Digital marketing adalah pemasaran produk maupun jasa, yang dilakukan dengan media digital. Tujuan dari pemasaran ini untuk menjangkau sebanyak-banyaknya target customer secara efisien, personal dan relevan. Memahami hal ini, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan pengabdian masyarakat berupa pelatihan digital marketing.
Foto: istimewa
Digital marketing adalah pemasaran produk maupun jasa, yang dilakukan dengan media digital. Tujuan dari pemasaran ini untuk menjangkau sebanyak-banyaknya target customer secara efisien, personal dan relevan. Memahami hal ini, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan pengabdian masyarakat berupa pelatihan digital marketing.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Digital marketing adalah pemasaran produk maupun jasa, yang dilakukan dengan media digital. Tujuan dari pemasaran ini untuk menjangkau sebanyak-banyaknya target customer secara efisien, personal dan relevan. Memahami hal ini, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan pengabdian masyarakat berupa pelatihan digital marketing. 

Mengusung tema ‘Pelatihan Whatsapp Business dan Digital Marketing, Strategi Peningkatan Pemasaran Produk UMKM’, acara ini digelar untuk Karang Taruna Desa Parakan Ciomas, Kabupaten Bogor, pada Sabtu (9/3) silam. 

Baca Juga

Andri Kurniawan, selaku narasumber menjelaskan bahwa, pelatihan digital marketing ini memadukan teknik serta pengetahuan psikologi pasar dan teknologi. “Tidak seperti pemasaran tradisional yang memasang iklan lewat baligo, pemasaran digital menggunakan berbagai platform digital sebagai media pemasarannya. Jenis pemasaran ini dinilai lebih efektif, karena bisa dijalankan dari rumah dan tidak memerlukan biaya yang terlalu mahal. Karena tidak butuh modal yang besar, digital marketing juga dapat dimanfaatkan oleh UMKM untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dan meningkatkan profit,” jelas Andri dalam rilis yang diterima, Selasa (15/3). 

Sementara itu, Nunung Hidayatun selaku ketua pelaksana mengatakan, whatsapp bisnis menjadi salah satu aplikasi chat yang dikhususkan untuk para pemilik bisnis. WhatsApp Bisnis juga menjadi pilihan tepat untuk digunakan. Di Indonesia, sudah banyak orang yang menggunakan WhatsApp. WhatsApp memang khusus dibuat untuk pemilik bisnis kecil, seperti Usaha Kecil dan Menengah (UKM). 

“Dengan beralih ke media online, setidaknya dapat membantu mereka agar meningkatkan profit dan penghasilan mereka, melalui pemanfaatan digital marketing dan whatsapp bisnis sebagai medianya. Lewat kegiatan ini, semoga dapat memberi manfaat bagi masyarakat desa Parakan pada sektor UMKM untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dan meningkatkan profit,” tutur Nunung.

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement