Rabu 16 Mar 2022 19:05 WIB

Perang Ukrainan-Rusia Hari Ke-20: Mayat Begelimpangan di Jalanan Mariupol

Memasuki hari kedua puluh perang Rusia-Ukraina makin berdarah-darah

Rep: Muhammad Subarkah/ Red: Partner
.
.

Suasana pertempuran di Mariupol. (New York Times)
Suasana pertempuran di Mariupol. (New York Times)

Marina Panova, 81, adalah salah satu warga sipil yang beruntung yang berhasil melarikan diri dari Mariupol, di tenggara Ukraina, di mana kondisinya mengerikan saat serangan Rusia berlanjut.

Kota pelabuhan strategis berpenduduk 430.000 jiwa di Laut Azov telah dikepung oleh pasukan Rusia selama lebih dari 10 hari, menghadapi penembakan berat yang telah menewaskan lebih dari 2.300 orang dan membuat penduduk berjuang untuk mendapatkan makanan, air, panas, dan obat-obatan. Jenazah telah dimakamkan di kuburan massal.

Panova berlindung selama 10 hari di ruang bawah tanah sebuah rumah sakit jiwa sebelum berhasil keluar dari kota pada rute evakuasi ke pemberhentian pertamanya di Zaporizhzhia, kota aman terdekat di wilayah yang dikuasai Ukraina sekitar 260 km (160 mil) jauhnya.

Kelelahan, menggigil dan bepergian dengan mobil yang rusak – beberapa dengan jendela pecah – pengungsi pertama dari Mariupol yang terkepung melaju ke Zaporizhzhia pada hari Selasa.

Setelah menerima pasokan vital di gedung sirkus yang diubah untuk menerima ribuan pengungsi internal, para pengungsi naik bus lagi untuk ditampung di tempat lain. Banyak yang menuju ke barat negara itu, atau ke Polandia atau negara-negara perbatasan lainnya.

Naik bus untuk pergi lagi, Panova mengatakan kepada Al Jazeera bahwa itu adalah pengalaman yang "menakutkan".

“Mengapa mereka datang ke tanah kami? Mengapa? Mengapa mereka datang untuk menumpahkan darah anak-anak kita?” Kata Panova sambil menangis. “Tidak ada yang meminta mereka untuk datang. Kita semua ingin hidup. Kami tidak membutuhkan Rusia mereka. Mengapa mereka melakukan ini pada kita?”

Siapa yang mengontrol Ukraina sampai<a href= perang hari ke 20," />
Siapa yang mengontrol Ukraina sampai perang hari ke 20,

Mengemudi melalui ladang ranjau

Seorang pejabat senior Ukraina mengatakan sekitar 20.000 orang berhasil meninggalkan Mariupol pada Selasa, evakuasi terbesar. Pada hari Senin, sekelompok 160 mobil meninggalkan Mariupol, menurut dewan kota.

Evakuasi pertama yang berhasil dilakukan setelah beberapa upaya gagal sejak pasukan Rusia mengepung kota itu awal bulan ini.

Kyrylo Tymoshenko, wakil kepala kantor Presiden Volodymyr Zelenskyy, mengatakan di Telegram bahwa para pengungsi meninggalkan Mariupol dengan kendaraan pribadi melalui koridor kemanusiaan yang disepakati dengan pasukan Rusia.

Sekitar 570 dari sekitar 4.000 kendaraan yang meninggalkan kota telah mencapai Zaporizhzhia, sementara yang lain akan bermalam di berbagai kota di sepanjang jalan, kata Tymoshenko, Selasa.

Setibanya dalam jumlah kecil, kendaraan pribadi dengan sobekan kain putih yang diikatkan ke kaca spion sebagai tanda perdamaian ditarik ke tempat parkir sebuah pusat perbelanjaan di pinggiran kota, yang sekarang menjadi pusat pendaftaran orang-orang terlantar.

“Ini pertama kalinya saya bisa bernapas dalam beberapa minggu,” kata ayah dua anak, Mykola, yang mobilnya dipenuhi tumpukan selimut, sepatu, dan barang-barang lainnya yang tergesa-gesa.

Mereka yang melarikan diri menggambarkan perjalanan yang mengerikan, dipaksa untuk mengemudi di luar jalan untuk menghindari pasukan Rusia dan pos pemeriksaan dan menghadapi ancaman konstan tembakan musuh di jalan.

Mykola, yang menolak memberikan nama lengkapnya untuk alasan keamanan, mengatakan hanya 40 km (25 mil) dari Zaporizhzhia dia harus mengantar istri dan dua anaknya yang masih kecil melalui ladang ranjau dengan bantuan dari militer Ukraina.

“Saat kami lewat, ada mobil yang terbakar. Tentara mengatakan seorang wanita telah diledakkan setelah dia menabrak ranjau hanya satu jam sebelum kami tiba di sana, ”katanya.

Arah pengungsian warga Ukraina
Arah pengungsian warga Ukraina

'Mayat di jalan'

Dmytro, yang tiba bersama istri dan dua anaknya yang masih kecil di Zaporizhzhia pada Selasa, mengatakan ini adalah upaya ketiganya untuk meninggalkan Mariupol bersama keluarganya.

Pada upaya sebelumnya, katanya, mereka “diminta pulang lagi” oleh pasukan Rusia dengan tank dan senapan mesin.

Tangannya menghitam karena kotoran, Dmytro mengaku sudah dua minggu tidak mandi dan warga Mariupol terpaksa minum air sungai. Dia mengatakan dia menjarah toko-toko untuk makanan untuk memberi makan anak-anak dan kakek-neneknya.

“Kami tinggal di bawah tanah dan jika suhunya -4 derajat Celcius [di bawah titik beku], itu adalah suhu yang baik,” katanya.

Mariupol menghadapi bencana kemanusiaan, menurut badan-badan bantuan, karena pemboman besar-besaran telah membuat penduduk tidak memiliki air atau panas, dan makanan hampir habis.

“Kadang-kadang mayat berada di jalan selama tiga hari. Baunya ada di udara dan Anda tidak ingin anak-anak Anda menciumnya,” kata Dmytro.

Bantuan diblokir

Pemimpin regional Pavlo Kyrylenko mengatakan pasukan Rusia menyita rumah sakit terbesar Mariupol dan menyandera sekitar 500 orang dalam serangan lain di kota pelabuhan selatan Selasa malam.

Dia mengatakan pasukan memaksa sekitar 400 orang dari rumah terdekat ke rumah sakit dan menggunakan mereka dan sekitar 100 pasien dan staf sebagai tameng manusia.

Kyrylenko mengatakan penembakan telah merusak bangunan utama rumah sakit, tetapi staf medis telah merawat pasien di bangsal darurat di ruang bawah tanah.

Al Jazeera tidak dapat memverifikasi klaim tersebut secara independen.

Dokter dari rumah sakit Mariupol lainnya membuat video untuk memberi tahu dunia tentang kengerian yang mereka lihat. “Kami tidak ingin menjadi pahlawan dan martir secara anumerta,” kata seorang wanita.

Dia juga mengatakan tidak cukup hanya menyebut orang sebagai "terluka".

“Tangan dan kakinya terkoyak, matanya dicungkil, tubuh tercabik-cabik, bagian dalamnya rontok,” katanya.

Komite Palang Merah Internasional mengatakan pada hari Selasa bahwa situasi di Mariupol "tetap mengerikan" dan tidak dapat mengirimkan bantuan ke kota tersebut.

“Intinya adalah ratusan ribu orang masih menderita,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement