Kamis 17 Mar 2022 10:01 WIB

Rashford Jawab Kontroversi Soal Video Responsnya Atas Hinaan Penggemar MU

Rashford menegaskan tak memakai kata kasar dan juga tidak mengacungkan jari tengah.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Penyerang Manchester United (MU) Marcus Rashford.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Penyerang Manchester United (MU) Marcus Rashford.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Striker Manchester United (MU) Marcus Rashford telah membuat pernyataan dalam menanggapi sebuah video yang diposting di media sosial yang menunjukkan dia bereaksi terhadap orang-orang yang mencemoohnya  di luar Stadion Old Trafford. Dalam video, diposting pada Rabu (16/3/2022), tetapi difilmkan MU terseingkir di Liga Champions, menunjukkan Rashford berbalik untuk menghadapi pendukung yang menghinanya.

Pemain berusia 24 tahun, yang masuk di pengujung babak kedua saat MU dikalahkan Atletico Madrid 0-1 pada Rabu dini hari WIB, menyangkal telah mengacungkan jari tengahnya kepada para pendukung yang berbaris di luar Old Trafford. Ia mengklarifikasi kata-kata yang dia gunakan selama konfrontasi.

Baca Juga

Rashford juga menjelaskan dalam pernyataannya yang terdiri dari 212 kata bahwa dia adalah "manusia" dan bahwa tanggapannya bukan karena egonya, tetapi karena dia "kesal dan kecewa." Akun resmi MU me-retweet pernyataan itu di Twitter ditambah emoji hati.

Berikut pernyataan Rashford:

Sebuah video dapat melukiskan ribuan kata dan dalam hal ini menyebabkan informasi yang tidak akurat dibagikan di media sosial. Teman-teman selama berpekan-pekan saya telah dicemooh, diancam, diinterogasi dan tadi malam emosi saya menguasai saya.

Saya manusia, membaca dan mendengar hal-hal tentang diri Anda setiap hari membuat Anda lelah. Tidak ada yang lebih kritis terhadap penampilan saya selain saya. Tapi apa yang Anda lihat dalam video ini tidak memiliki konteks. Saya telah dicemooh sejak saya menginjakkan kaki di luar tanah, pelecehan tidak hanya ditujukan pada sepak bola.

Orang-orang mencari reaksi dari saya. Telepon sudah siap. Tentu saja saya seharusnya berjalan melewatinya dan mengabaikannya, itu yang seharusnya kita lakukan kan?

Saya ingin mengklarifikasi dua hal. Yang pertama adalah apa yang sebenarnya saya katakan kepada pria yang melecehkan saya, adalah "datang ke sini dan katakan di depan saya" (fakta yang dapat didukung oleh pihak keamanan) dan kedua, fakta bahwa saya menggunakan jari telunjuk mengarahkan kipas untuk 'datang dan katakan di depan saya'. Saya tidak memberi isyarat dengan jari tengah saya.

Saya tidak berhak. Ini bukan ego. Saya kesal. Saya kecewa. Pada saat itu konyol tapi saya masih manusia."

Cedera

Cedera bahu menunda awal Rashford untuk musim ini tetapi ia telah berjuang untuk kembali dalam beberapa bulan terakhir, hanya mencetak dua gol sejak akhir Oktober dan hanya bermain dua dari tujuh pertandingan terakhir United.

Laporan muncul pekan lalu yang menunjukkan Rashford akan mempertimbangkan masa depannya di klub setelah dicadangkan untuk derby dengan Manchester City, dengan kontraknya saat ini - yang mencakup klausul perpanjangan satu tahun - berakhir pada 2023. Namun, pelatih sementara United Ralf Rangnick mengatakan  dia belum mendengar apa pun yang menunjukkan niat itu dari sang penyerang.

Masalah Rashford di lapangan dapat digarisbawahi pada Kamis (17/3/2022) ketika Gareth Southgate mengumumkan skuad Inggris-nya pada jeda internasional, dengan posisi Rashford di bawah ancaman.

Reporter senior Sky Sports News Rob Dorsett mengatakan Southgate diperkirakan akan menurunkan skuad pemain yang lebih besar dari biasanya untuk pertandingan melawan Swiss dan Pantai Gading saat ia memulai persiapan untuk Piala Dunia di Qatar.

Namun, ada keraguan nyata apakah Rashford akan dimasukkan dalam daftar, dengan rekan setimnya di United Jadon Sancho akan dipanggil kembali. 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement