Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

 

10 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Penggunaan Antibiotik Jangka Panjang Bisa Turunkan Memori?

Senin 28 Mar 2022 22:15 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Obat (ilustrasi). Studi mengungkap, perubahan memori dan daya pikir akibat penggunaan antibiotik kira-kira setara dengan tiga sampai empat tahun penuaan.

Obat (ilustrasi). Studi mengungkap, perubahan memori dan daya pikir akibat penggunaan antibiotik kira-kira setara dengan tiga sampai empat tahun penuaan.

Foto: freepik
Peneliti mengaitkan antara penggunaan antibiotik jangka panjang dengan demensia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –- Sebuah studi baru yang diterbitkan di PLOS One menghubungkan penggunaan antibiotik pada usia paruh baya dengan penurunan memori dan daya pikir pada perempuan. Antibiotik terutama digunakan untuk mengobati atau mencegah beberapa jenis infeksi bakteri.

 

Demensia merupakan istilah umum untuk gejala yang terkait dengan penurunan memori dan cara berpikir. Kondisi ini bisa terus memburuk dan jumlah penderitanya bisa terus bertambah dalam beberapa dekade mendatang.

Baca Juga

Para peneliti di AS menemukan bahwa penggunaan antibiotik jangka panjang pada perempuan selama usia paruh baya dikaitkan dengan kemampuan kognitif yang lebih buruk hingga tujuh tahun kemudian. Mereka mengamati 14.542 perawat perempuan yang tinggal di AS.

Secara sukarela, perawat menyelesaikan tes terkomputerisasi mandiri untuk mengukur aspek memori dan daya pikir. Peneliti menemukan bahwa perempuan yang terpapar antibiotik selama dua bulan di usia paruh baya memiliki ingatan yang lebih buruk hingga tujuh tahun kemudian.

Efeknya tetap konsisten bahkan ketika memperhitungkan faktor potensial lain yang dapat memengaruhi hubungan ini, termasuk adanya kondisi kesehatan lain. Perubahan memori dan daya pikir akibat penggunaan antibiotik kira-kira setara dengan tiga sampai empat tahun penuaan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile