Ketegangan dengan Israel Meningkat Saat Ramadhan, Warga Gaza Takut Perang Lagi

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 15 Apr 2022 17:46 WIB

Pasukan keamanan Israel menggeledah rumah warga Palestina di desa Yabad, Tepi Barat, dekat Jenin, 30 Maret 2022. Pasukan Israel menggerebek desa itu dalam operasi pencarian. Terduga penembak yang membunuh lima warga Israel di kota Bnei Brak, Israel tengah, Diaa Hamarsheh, berasal dari desa Yabad. Hamarsheh, 27, dibunuh oleh polisi pada 29 Maret. Ketegangan dengan Israel Meningkat Saat Ramadhan, Warga Gaza Takut Perang Lagi Foto:

1

“Hamas tidak akan tinggal diam jika pemukim Israel terus menyerbu Masjid Al-Aqsha,” kata Qassem, seraya menambahkan bahwa Hamas mendukung kelompok bersenjata Palestina di Jenin.

“Perlawanan di Jenin adalah bagian dari kami; kami tidak akan membiarkan kerusakan pada orang-orang kami, ”katanya.

Pada Kamis, Hamas menyerukan mobilisasi umum untuk mempertahankan diri dari serangan Israel ke Tepi Barat dan Masjid Al Aqsa.

Masjid Al Aqsa dan Gerbang Damaskus

Ketegangan juga meningkat di Yerusalem Timur yang diduduki di mana pasukan Israel telah melakukan serangan malam dan penangkapan warga Palestina, dan pemukim Israel telah memasuki Kompleks Masjid Al Aqsa, meskipun ada pembatasan. Di Kota Tua Yerusalem, seruan baru-baru ini oleh kelompok pemukim Israel untuk menyerang kompleks Masjid Al Aqsa dan melakukan pengorbanan Paskah pada 15 April dilihat oleh banyak orang Palestina sebagai bukti upaya Israel lebih lanjut untuk mengubah status quo sensitif situs suci itu.

Analis politik yang berbasis di Yerusalem Nasser al-Hidmi mengatakan jika pengorbanan seperti itu diadakan di kompleks tersebut, yang akan menjadi pertama kalinya dilakukan sejak zaman kuno, itu akan menyebabkan ledakan. Kantor perdana menteri Israel telah membantah setiap pengorbanan Paskah akan dilakukan di Al Aqsa.

Di alun-alun Gerbang Damaskus Kota Tua, pasukan Israel, termasuk unit yang menyamar, menyerang dan menangkap warga Palestina setiap hari, dengan setidaknya 40 orang, termasuk anak di bawah umur, ditahan sejak awal Ramadhan pada 2 April. Sekitar 3.000 polisi Israel dikerahkan di kota itu pada Jumat pertama Ramadhan.

Al-Hidmi menggambarkan peristiwa di lapangan sebagai perjuangan berkelanjutan atas kendali dan ruang antara pendudukan Israel dan (Palestina) Yerusalem, yang meletus selama acara-acara keagamaan. Dengan koalisi pemerintah Israel yang  goyah, ia perlu menopang dukungan untuk memastikan koalisi itu tidak jatuh.

“Pemerintah sekarang dalam posisi lemah dan koalisinya mungkin tidak akan bertahan,” kata Jaabari. 

 

Terpopuler