Senin 02 May 2022 15:15 WIB

Menjalankan Perintah Agama Membuat Iman Lebih Kuat

Sholat lima waktu mencegah manusia berbuat dosa.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Berdzikir. Ilustrasi. Menjalankan Perintah Agama Membuat Iman Lebih Kuat
Foto: Thoudy Badai/Republika
Berdzikir. Ilustrasi. Menjalankan Perintah Agama Membuat Iman Lebih Kuat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para sahabat memeluk Islam karena mereka percaya pada Nabi Muhammad SAW dan percaya Allah itu Ada. Tetapi sebagian yang lain adalah orang-orang munafik.

Orang-orang munafik ini ini muncul setelah kekalahan di perang Badar. Mereka tidak menaati perintah Nabi SAW dan itu menyebabkan kekalahan di pasukan Muslim dan kemenangan bagi Quraisy.

Baca Juga

Saat itu Quraisy segenap hati ingin memusnahkan seluruh umat Islam. Pada saat itu semakin banyak orang munafik Madinah muncul yang takut akan nyawa mereka.

Pada saat iman mereka terguncang, muncul kabar Nabi Muhammad telah meninggal, dan sekelompok di antara mereka melarikan diri dan tidak lagi beriman kepada Allah. Tetapi sebagian sahabat lain, justru semakin meningkatkan iman mereka. Para sahabat ini termasuk orang-orang yang menyempurnakan ihsan.  

“Untuk menyembah Allah seolah-olah Anda melihat-Nya, dan bahkan jika Anda tidak melihat-Nya, Dia melihat Anda.”(HR Al-Bukhari )

Penyembahan kepada Allah dengan kesadaran penuh dan dengan perasaan bahwa Allah mengawasi dan Dia memberi pahala untuk kebaikan dan menghukum untuk kejahatan adalah salah satu faktor terbesar untuk perubahan. Sebuah penelitian mengungkapkan orang-orang beragama cenderung lebih tangguh dalam hidup mereka dan lebih mungkin untuk mengatasi tantangan dan kesulitan.

Di kehidupan saat ini, di dunia yang hiperseksual salah satu godaan terbesar yang dihadapi pria dan wanita muda adalah tantangan untuk menjaga kesucian. Apakah itu hubungan terlarang, pornografi, dan zina lainnya, semua orang akan setuju itu berubah menjadi masalah di masyarakat saat ini.

 

Dilansir dari About Islam, Senin (21/3/2022), cara melawan penyakit itu adalah dengan menyempurnakan sholat. Allah berfirman dalam Alquran:

“Sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.” (Quran 29:45 )

Apabila sholat dilakukan dengan ihsan dengan memahami setiap arti dari lafadz yang dibacanya, maka niscaya iman kepada Allah akan semakin bertambah. Misalnya, ketika takbir dan mengucap “Allahu akbar” yang artinya Allah Maha Besar. Ini mengingatkan diri sendiri bahwa Allah lebih besar dari semua dorongan dan keinginannya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement