Jumat 03 Sep 2010 08:48 WIB

Puskesmas di Kendal Buka 24 Jam Jelang Lebaran

Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,KENDAL--Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, akan membuka pelayanan kesehatan selama 24 jam di setiap Puskesmas yang berada di jalur Pantura jelang hari raya Lebaran. Kepala Dinas Kesehatan setempat yang ditemui pada Kamis siang, Riskiana S. Putra, mengatakan sebanyak sembilan Puskesmas dengan fasilitas rawat inap dan Unit Gawat Darurat (UGD) yang berada di tepi jalan raya utama akan memberikan layanan kepada pemudik selama 24 jam.

Dia mengatakan selain Puskesmas yang buka 24 jam, para petugas kesehatan juga ikut terlibat langsung dalam pos pengamanan bersama dengan instansi lintas sektoral.  Saat ditanyakan perihal hari libur untuk para petugas kesehatan tersebut, dia mengatakan cuti Hari Raya mereka akan diatur oleh masing- masing Kepala Puskemas setempat agar tidak terjadi kekosongan.

Menurut dia, para pegawainya tidak akan ada yang membolos karena program itu bertujuan untuk melayani para pemudik. Dia juga mengatakan pihaknya siap berpatisipasi secara aktif dalam menghadapi arus mudik maupun arus balik jelang hari Lebaran kali ini.

Hal senada juga dikatakan oleh Dirut Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soewondo Kendal, Yufro Kelana.

Dia mengatakan pihaknya juga siap melayani pasien selama 24 jam. "Baik dari petugas di UGD hingga dokter, semuanya telah mempersiapkan diri untuk melakukan pelayanan kesehatan di masa mudik ini," katanya.

Biasanya, kata dia, kasus kecelakaan akan meningkat saat mudik berlangsung sehingga pihaknya harus mengantisipasinya sejak dini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement