Rabu 20 Apr 2022 10:01 WIB

Aji Santoso Tunggu Jawaban Brylian Aldama untuk Gabung ke Persebaya

Persebaya sudah melakukan langkah-langkah untuk membawa Brylian ke skuad Bajul Ijo.

Red: Endro Yuwanto
pemain timnas Indonesia Brylian Aldama yang kini sedang diincar Persebaya Surabaya.
Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
pemain timnas Indonesia Brylian Aldama yang kini sedang diincar Persebaya Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Persebaya Aji Santoso menunggu jawaban gelandang tim nasional berusia 20 tahun Brylian Aldama atas tawaran manajemen timnya untuk bergabung. Manajemen Persebaya sudah memaparkan soal nilai gaji kepada Brylian Aldama.

"Kalau memang mau, monggo. Kalau tidak, ya, tidak masalah buat saya," ujar Aji ketika ditemui di Stadion Internasional Jakarta (JIS), Jakarta, Selasa (19/4) malam.

Baca Juga

Meski tidak memberi tahu berapa besarnya, Aji menegaskan bahwa jumlah gaji akan sesuai dengan kapasitas Brylian sebagai seorang pemain muda berbakat, tetapi belum pernah merasakan kompetisi Liga 1 Indonesia.

"Oke banyak orang yang menilai dia bagus. Tetapi, kan, dia belum teruji di Liga 1. Kami sudah menawarkan gaji yang menurut pendapat saya sudah pantas untuk Brylian yang belum berpengalaman di kompetisi," jelas pria yang sebagai pesepak bola ikut mengantar Indonesia meraih medali emas sepak bola putra SEA Games 1991 itu.

Persebaya, Aji melanjutkan, sudah melakukan langkah-langkah untuk membawa Brylian ke tim termasuk dengan menemui orang tuanya. Kini, Aji pun menyerahkan semua keputusan ke tangan Brylian. "Jadi, ya, kembali ke Brylian," kata pelatih usia 52 tahun ini.

Brylian Aldama dilirik beberapa klub Indonesia, termasuk Persebaya, setelah tampil baik bersama tim U-20 Indonesia All Star di International Youth Championship (IYC) 2021. Pada turnamen itu, Brylian menjadi andalan dan membantu timnya menduduki peringkat ketiga.

Pesepak bola asal Jawa Timur itu sempat dikontrak selama 18 bulan oleh klub Liga Kroasia HNK Rijeka. Namun, setelah diperkenalkan pada April 2021, Brylian sulit mendapatkan menit bermain hingga dipinjamkan ke klub Kroasia lain, NK Pomorac 1921, sebelum kontraknya diakhiri pada Februari 2022.

Selepas itu, Brylian belum memiliki klub sampai akhirnya dia berlaga di IYC 2021. Sosok Brylian sendiri populer di Tanah Air lantaran dia turut membawa Indonesia juara Piala AFF U-16 2018 dan perempat finalis Piala Asia U-16 2018.

Brylian pernah pula mengikuti program Garuda Select di Inggris. Selain Brylian, Aji mengakui bahwa Persebaya juga tengah berdialog dengan dua bek muda Persija Muhammad Salman Alfarid dan Samuel Christianson Simanjuntak.

"Manajer mengatakan kepada saya bahwa memang ada komunikasi (dengan Salman dan Samuel). Namun, ke depan seperti apa semua masih dalam proses," jelas eks juru taktik tim nasional U-23 Indonesia itu.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement