Taushiyah MUI Menyambut Idul Fitri 1443 Hijriyah

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

Jumat 29 Apr 2022 18:18 WIB

Majelis Ulama Indonesia Majelis Ulama Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Buya Amirsyah Tambunan, menyampaikan, dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1 Syawwal 1443 H, maka Dewan Pimpinan MUI menyampaikan taushiyah Idul Fitri.

Dalam taushiyahnya, Buya Amirsyah menyampaikan, seluruh umat Islam dan rakyat Indonesia hendaknya penuh syukur dalam menyambut hari raya Idul Fitri tahun ini dikarenakan pandemi Covid-19 menunjukkan trend yang melandai. Shalat tarawih berjamaah di masjid dan mushola, berbuka puasa bersama sanak saudara dan kolega selama Ramadhan, serta Shalat Id berjamaah, silaturahim dan Halal Bi Halal di tempat publik dalam merayakan hari raya Idul Fitri nanti hampir kembali dapat diselenggarakan dalam situasi normal.

Baca Juga

"Hal tersebut tidak terlepas dari kontribusi semua pihak yang telah melakukan ikhtiar samawi berupa doa dan muhasabah ruhaniyah serta ikhtiar ardhi secara maksimal berupa kedisiplinan pada protokol kesehatan dan vaksinasi," kata Buya Amirsyah kepada Republika, Jumat (29/4/2022).

Sekjen MUI ini mengingatkan, meski demikian, pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir. Maka MUI menghimbau seluruh pihak agar dalam merayakan Idul Fitri di ruang publik tetap menjaga disiplin protokol Kesehatan sebagaimana panduan fatwa MUI serta aturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah seperti memakai masker, menjaga jarak kerumunan, dan melaksanakan vaksinasi anti Covid-19 bagi yang belum melaksanakannya.