Sabtu 30 Apr 2022 18:10 WIB

Jokowi Bagikan Ribuan Paket Sembako untuk Warga Yogyakarta

Pedagang kecil yang menerima sembako berterima kasih kepada Presiden Jokowi.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Warga membawa sembako bantuan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (25/6/2020).
Foto: ANTARA/BUDI CANDRA SETYA
Warga membawa sembako bantuan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (25/6/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan sekitar 5.000 paket sembako kepada warga di halaman Gedung Agung, Kota Yogyakarta, Sabtu (30/4/2022) sore WIB. Pantauan di lokasi, ribuan warga antre mengular di luar pagar Gedung Agung sejak pukul 15.00 WIB.

Untuk mengambil bantuan itu, mereka harus menyerahkan kupon kemudian masuk menuju halaman sisi selatan Istana Kepresidenan. Jokowi tampak memantau pembagian paket sembako yang terdiri atas gula pasir, minyak goreng, beras, serta biskuit.

Warga yang telah menerima bantuan mendapat kesempatan menyapa Jokowi satu per satu selama beberapa saat. "Kegiatan (Presiden) sore hari ini dalam rangka memberikan bantuan kepada masyarakat. Sekitar 5.000 paket (sembako), " kata Kapolresta Yogyakarta AKBP Idham Mahdi yang mengawal pengamanan di kawasan Gedung Agung, Yogyakarta, Sabtu.

Menurut Idham, proses pembagian bantuan yang turut dikawal personel TNI-Polri tersebut berjalan dengan lancar dan tertib. "Alhamdulillah sampai dengan pada sore hari ini warga masyarakat sangat antusias dan masih berjalan tertib. Pihak kepolisian dalam hal ini menjaga kamtibmas dan juga menjalankan Operasi Ketupat Progo 2022," ujar Idham.

Suranto (64 tahun), seorang pedagang rokok di kawasan Malioboro mengaku, sangat beruntung. Pasalnya, selain mendapatkan bantuan sembako, ia juga mendapatkan kesempatan mengobrol dengan Jokowi.

"Tadi sempat berbincang sama Pak Jokowi. Ditanya kerjanya apa, jual apa? Saya jualan rokok di Maliboro sejak 1985. Saya asli dari Klaten," ujar ketua Pedagang Asongan Malioboro tersebut.

Menurut Suranto, bantuan dari Jokowi amat berarti baginya. Hal itu mengingat saat ini masih masa pandemi Covid-19, yang membuat ekonomi pedagang kesulitan. "Punya Presiden seperti Pak Jokowi ini sangat hebat, sangat disenangi semua masyarakat Indonesia. Jadi, sering-sering membantu warga seperti saya pedagang kecil. Saya ucapkan terima kasih atas bantuan Bapak Jokowi," kata Suranto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement