Rabu 04 May 2022 18:54 WIB

Twitter Uji Fitur Circle, Mirip Close Friend di Instagram

Pengguna dapat memilih hingga 150 orang untuk bergabung dengan circle mereka

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Twitter. Twitter sedang menguji Twitter Circle. Twitter Circle mirip dengan fitur Close Friend di Instagram yang memungkinkan pengguna dapat memilih hingga 150 orang.
Foto: EPA
Twitter. Twitter sedang menguji Twitter Circle. Twitter Circle mirip dengan fitur Close Friend di Instagram yang memungkinkan pengguna dapat memilih hingga 150 orang.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Raksasa media sosial Twitter tidak berhenti membuat sejumlah fitur baru. Sekarang perusahaan mengumumkan sedang menguji Twitter Circle. Twitter Circle mirip dengan fitur Close Friend di Instagram yang memungkinkan pengguna dapat memilih hingga 150 orang untuk bergabung dengan perkumpulan mereka, termasuk pengikut dan non pengikut.

Saat pengguna ingin men-tweet tanpa membagikannya kepada publik, mereka cukup membuka menu "Choose Audience" sambil menulis cuitan dan memilih opsi Twitter Circle. Menurut Twitter, Circle hanyalah tweet standar yang tidak tersedia untuk dilihat semua orang.

Baca Juga

Fitur ini merupakan cara untuk memiliki privasi yang mirip dengan akun terkunci dan hanya muncul untuk orang yang mengikutinya tanpa membatasi diri pada akun yang terkunci. Orang-orang yang saat ini menjadi anggota Circle akan dapat melihat tweet yang diposting, tetapi mereka tidak dapat menggunakan ikon retweet bawaan untuk membagikannya secara otomatis.

Namun, itu tidak menutup kemungkinan seseorang akan mengambil tangkapan layar atau unduhan konten. Yang jelas, fitur Circle sama seperti mempunyai akun yang terkunci, kecuali berdasarkan tweet yang dipilih.

Dilansir The Verge, Rabu (4/5/2022), seperti yang dijelaskan oleh panduan Twitter untuk pengujian, tetap ada aturan yang berlaku. Fitur ini telah bekerja setidaknya sejak tahun lalu, muncul dengan branding "Trusted Friends" dan "Facet" untuk pengaturan.

Sejauh ini, beberapa orang yang terpilih hanya dapat membuat satu Circle dan hanya mereka yang dapat melihat daftar anggotanya. Fitur ini tersedia untuk pengguna iOS, Android, dan web. Jika pengguna berada di dalam Circle, mereka tidak dapat menghapus diri, tetapi mereka masih dapat membisukan diskusi jika itu menghabiskan terlalu banyak waktu.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement