Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

2 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

RSPI Sulianti Saroso: Hepatitis Akut Akibat Efek Vaksinasi Covid-19 Itu Hoaks

Rabu 11 May 2022 10:00 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Hepatitis akut misterius mengusik anak-anak. Hepatitis akut tidak ada hubungannya dengan vaksinasi Covid-19.

Hepatitis akut misterius mengusik anak-anak. Hepatitis akut tidak ada hubungannya dengan vaksinasi Covid-19.

Foto: Republika
Hepatitis akut tidak ada hubungannya dengan vaksinasi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSPI Sulianti Saroso, Titi Sundari, menjelaskan bahwa penyakit hepatitis akut pada anak tidak berkaitan dengan vaksinasi Covid-19 yang telah diberikan. Sebab, dari sekian pasien anak-anak yang terkena, banyak sekali dari mereka yang bahkan belum vaksinasi.

"Hepatitis akut karena efek vaksinasi itu adalah hoaks," ujar Titi dalam webinar yang diikuti di Jakarta, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga

Titi menjelaskan, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga telah menegaskan bahwa hepatitis akut tidak ada hubungannya dengan vaksinasi Covid-19. Sampai saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut hepatitis akut sebagai hepatitis yang tidak diketahui etiologinya (acute hepatitis of unknown aetiology).

Meski penyebab penyakit hepatitis akut pada anak belum diketahui secara pasti, Titi mengatakan, dugaan awal disebabkan oleh suatu virus yang utamanya menyerang saluran cerna dan saluran pernafasan. Virus tersebut dikenal sebagai adenovirus.

"Laboratorium menunjukkan virus hepatitis tipe A, B, C, D, dan E tidak ditemukan sebagai penyebab penyakit hepatitis akut ini," paparnya.

Titi mengemukakan, penularan hepatitis akut salah satunya melalui oral atau makanan yang kotor karena terkontaminasi dari pasien yang sakit. Ia mengatakan, untuk mencegah penularannya, masyarakat diimbau untuk menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan dengan sabun yang airnya mengalir.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile