Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

27 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

12 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan, Benarkah Mampu Meredakan Mimisan?

Ahad 15 May 2022 04:40 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih

Memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, berikut 12 manfaat daun sirih yang wajib untuk kamu ketahui. Bisa meredakan mimisan dan gejala depresi.

Daun sirih sudah lama dikenal sebagai salah satu obat herbal yang berguna untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. Bahkan, daun sirih identik sebagai daun yang sering kali dikunyah oleh para lansia zaman dulu untuk mendapatkan manfaat menyehatkan gigi.

Bagi yang belum tahu, daun sirih termasuk sebagai jenis tanaman dengan kandungan air yang cukup banyak. Tidak tanggung-tanggung, sekitar 85 persen kandungan daun sirih adalah air, sehingga membuatnya memiliki kadar lemak dan kalori yang rendah. Pada setiap 100gr daun tersebut, kandungan kalorinya hanya sebanyak 44 kalori, serta terdiri dari 0,4 hingga 1 persen saja lemak. 

Tidak hanya itu, daun sirih juga mengandung beragam nutrisi lain yang penting dibutuhkan oleh tubuh, seperti, protein, iodin, sodium, vitamin A, B1, B2, dan asam nikotinat. Lantas, apa saja manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari daun sirih yang memiliki beragam kandungan gizi tersebut? Untuk lebih jelasnya, simak 12 manfaat daun sirih untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan berikut ini.

Baca Juga: 15 Manfaat Daun Binahong yang Menyehatkan dan Tak Boleh Dilewatkan

12 Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih

  1. Bantu Kontrol Kadar Gula pada Pasien Diabetes Tipe 2

    Berdasarkan sebuah penelitian, meminum air rebusan dari daun sirih, maupun mengonsumsi daun sirih yang sudah dikeringkan dan dijadikan bubuk diyakini mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Khasiat ini tentu amat berguna bagi pasien diabetes tipe 2. 

    Manfaat ini berasal dari tingginya jumlah antioksidan yang terkandung di dalamnya. Hal ini membuat tanaman tersebut mampu menurunkan stres oksidatif yang menyebabkan sel rusak dan menyebabkan hormon insulin tidak seimbang. 

  2. Menurunkan Tekanan Darah dan Kadar Kolesterol Tubuh

    Kandungan antioksidan yang tinggi tidak hanya bermanfaat untuk mengontrol gula darah, tapi juga tekanan darah serta kadar kolesterol dalam tubuh. Di dalam tubuh, senyawa antioksidan eugenol berperan untuk menangkal radikal bebas penyebab reaksi oksidatif yang memicu beragam penyakit berbahaya.

    Hal tersebut ternyata juga berkaitan dengan kemampuan daun sirih dalam menekan kadar trigliserida serta kolesterol LDL, yaitu lemak jahat yang ada di dalam tubuh. Jika dibiarkan, baik trigliserida dan kolesterol mampu menyebabkan penyakit kardiovaskular, stroke, hipertensi, jantung koroner, sampai gagal jantung. Untuk mendapatkan khasiat daun sirih yang satu ini, kamu hanya perlu merebus 3 sampai 4 lembar daun sirih lalu meminum air rebusannya dua kali setiap hari. 

  3. Ampuh Menangkal Risiko Munculnya Sel Kanker

    Masih seputar kandungan antioksidan eugenol pada daun sirih yang mampu menangkal bahaya radikal bebas, kamu juga bisa terhindar dari risiko terkena penyakit kanker. Radikal bebas yang tidak diperangi di dalam tubuh mampu menyebabkan kerusakan sel dan memicu mutasi tumor atau sel kanker. Oleh karena itu, jika ingin terhindar dari penyakit kanker, tidak ada salahnya untuk membiasakan diri mengonsumsi air rebusan daun sirih ini secara rutin. 

  4. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Bakar

    Di antara beragam jenis luka lainnya, luka bakar tergolong memiliki proses penyembuhan yang lama dan sulit. Nah, untuk membantu proses penyembuhan jenis luka ini dan meminimalkan kemungkinan adanya bekas luka, kamu bisa memanfaatkan daun sirih.

    Lagi-lagi, khasiat daun sirih ini datang dari kandungan antioksidannya. Karena mampu mengontrol reaksi oksidatif, tubuh mampu menjalankan proses penyembuhan pada luka dengan lebih efektif. Selain itu, daun sirih juga mengandung polifenol dengan sifat antiseptiknya sehingga mampu memberikan manfaat perlindungan tambahan pada luka agar tak mengalami infeksi.

  5. Jadi Alternatif Meredakan Gejala Depresi

    Sejumlah riset memaparkan bahwa daun sirih juga mampu mengontrol gejala depresi. Dengan rutin mengunyah daun tersebut, maupun mengonsumsi air rebusannya, akan ada reaksi pada otak yang memicu munculnya serotonin atau hormon yang memberikan perasaan bahagia. Jadi, bagi penderita masalah mental dan depresi yang belum terlalu parah, mungkin bisa mencoba cara ini sebagai alternatif untuk meredakan gejalanya. 

  6. Obat Herbal yang Menyehatkan Gigi dan Mulut

    Daun sirih sudah lama dikenal sebagai tanaman yang sering kali dikunyah oleh para sesepuh sembari beraktivitas. Bukan tanpa alasan, ternyata hal tersebut dilakukan karena daun ini bermanfaat untuk menyehatkan gigi dan juga mulut, seperti, mencegah risiko gigi berlubang. 

    Tidak hanya itu, mengunyah biji pinang dan daun sirih juga mampu meningkatkan produksi dari air liur yang mengandung berbagai jenis mineral dan protein untuk menguatkan gusi dan gigi. Tidak harus dikunyah, manfaat daun sirih ini bisa didapatkan dengan cara berkumur dengan air rebusannya saja. 

  7. Melancarkan Kinerja Organ Pencernaan

    Manfaat lainnya yang bisa diberikan oleh daun sirih merah atau hijau adalah membantu produksi lendir guna meningkatkan kesehatan dari organ pencernaan. Lendir tersebut berguna untuk mencegah luka di dinding lambung dan usus yang bisa dipicu oleh berbagai hal. 

    Selain itu, tanaman ini juga efektif meredakan nyeri lambung dan gejala GERD, serta melindungi usus dari radikal bebas dan racun. Daun sirih juga berkhasiat untuk mengembalikan pH di lambung ke tingkat yang normal agar tak menyebabkan maag atau rasa sakit akibat perut kembung. Metabolisme organ pencernaan juga akan turut meningkat sehingga pembuangan limbah dalam tubuh dapat berjalan dengan lebih optimal. 

  8. Menjadi Sumber Energi pada Tubuh

    Merasa sering mengantuk dan kurang bertenaga? Mengunyah biji pinang dan daun sirih mungkin bisa menjadi solusi yang kamu butuhkan. Hal ini dikarenakan kedua bagian tanaman tersebut memiliki kandungan sejumlah zat aktif dengan manfaat mirip kafein, alkohol, dan nikotin.

    Zat aktif tersebut mampu merangsang tubuh untuk membentuk hormon adrenalin. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih berenergi, meningkatkan fokus, serta waspada sehingga mampu menjalani aktivitas dengan lebih baik. 

  9. Mampu Meredakan Mimisan

    Kamu pasti pernah melihat orang mimisan menutup hidungnya dengan daun sirih yang telah dicuci bersih. Hal tersebut dilakukan karena memang manfaat dari daun tersebut adalah meredakan mimisan dan menyembuhkannya, selayaknya pada khasiatnya untuk menyembuhkan luka bakar. 

    Sirih yang mengandung antioksidan tanin diketahui mampu meningkatkan respons tubuh dalam menyembuhkan luka, membekukan darah, serta menutup sobekan di pembuluh darah pada hidung. Tak berhenti sampai di situ, daun sirih juga terbukti mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga mampu mempercepat proses penyembuhan luka maupun peradangan. 

  10. Sebagai Obat untuk Penyakit Radang Prostat

    Pada daun sirih merah, daunnya bisa dimanfaatkan sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit radang prostat karena mengandung antioksidan saponin dan tanin. Daun dari sirih tersebut juga mengandung zat aktif bernama hydroxychavicol yang berkhasiat untuk memperbaiki sel pada kelenjar prostat agar mampu berfungsi dengan normal kembali. 

    Guna mendapatkan manfaat ini, kamu hanya perlu merebus daun sirih yang masih muda sebanyak 3 hingga 5 lembar. Lalu, minum air rebusannya sebanyak tiga kali dalam sehari agar manfaatnya bisa didapatkan secara optimal. 

  11. Meredakan Batuk dan Radang Tenggorokan

    Air rebusan dari daun sirih merah juga diyakini ampuh meredakan batuk dan radang tenggorokan. Penyebabnya karena ada kandungan vitamin B dan vitamin C, juga alkaloid. Manfaat ini bisa didapatkan dengan cara merebus daun sirih sebanyak 5 lembar menggunakan air sebanyak 300ml sekitar 15 sampai 20 menit, dan meminumnya sekali sehari. 

  12. Mengandung Senyawa Anti Mikroba dan Anti Radang

    Terakhir, manfaat yang tak kalah menariknya dari daun sirih adalah mengandung senyawa anti mikroba dan anti radang. Hal ini membuat air rebusan daun tersebut cocok dijadikan sebagai pembilas ketika cuci muka karena mampu mencegah munculnya jerawat atau gatal-gatal. Dengan senyawa anti mikrobanya, daun sirih juga mampu mengatasi masalah gatal, alergi, maupun masalah bau badan.

Baca Juga: Tahukah Kamu, Daun Salam Bisa Usir Ketombe sampai Cegah Kanker Payudara

Tetap Perhatikan Akan Potensi Bahaya dari Mengonsumsi Daun Sirih secara Berlebihan

Terlepas dari segudang manfaat yang bisa diberikannya, daun sirih juga bisa menimbulkan risiko jika dikonsumsi secara berlebihan. Sebab, kombinasi dari biji pinang, kapur, tembakau, dan daun sirih yang dikunyah ternyata memiliki sifat karsinogenik atau memicu kanker mulut dan tenggorokan, serta bisa menimbulkan luka pada mulut. Oleh karena itu, tetap perhatikan potensi bahaya dari mengonsumsi daun sirih ini agar manfaatnya bisa didapatkan secara optimal. 

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Apa Itu Parsley dan Sederet Manfaat Kesehatannya bagi Tubuh

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile