Ahad 22 May 2022 10:42 WIB

Kembali Dibuka, Warga Padati CFD Sudirman-Thamrin

Pemprov DKI Jakarta membuka enam lokasi CFD secara serentak setelah tutup dua tahun.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Andi Nur Aminah
Suasana car free day (CFD) di Sudirman-Thamrin Ahad (22/5) setelah sebelumnya sempat dihentikan dua tahun karena pandemi Covid-19.
Foto: Zainur Mahsir Ramadhan/Republika
Suasana car free day (CFD) di Sudirman-Thamrin Ahad (22/5) setelah sebelumnya sempat dihentikan dua tahun karena pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ribuan warga memadati kawasan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau car free day (CFD) di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, Ahad (22/5/2022). Setelah dibuka kembali hampir dua tahun lamanya, Pemprov DKI Jakarta membuka enam lokasi CFD secara serentak.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, mayoritas warga terpantau melakukan olahraga dan berswafoto. “Saya datang dari Bogor, pakai mobil sama keluarga,” kata warga Bogor, Caca (25 tahun) di lokasi.

Baca Juga

Menurutnya, kesempatan CFD di Jakarta memang telah lama ditunggu. Sebab itu, setelah dua tahun tak dibuka kembali, dia mengaku antusias untuk menghabiskan akhir pekan di daerah yang minim kendaraan tersebut. “Senang banget sih. Soalnya udah lama nggak CFD-an di Jakarta kayak gini,” ucapnya sambil tertawa.

Hal serupa juga dikatakan warga Jakarta Selatan, Jarot (25). Menurut dia, kesempatan mencoba CFD di Jakarta kali ini sangat ditunggu. “Kan sudah lama nggak ada CFD untuk olahraga, atau sekadar main aja kayak gini,” tuturnya.

Meski dia mengaku ada suasana yang kurang dari tahun-tahun lalu, Jarot masih mengaku senang. Dia berharap, aktivitas Ahad pagi di Jakarta bisa kembali normal seperti sedia kala, saat tidak ada pembatasan bagi pengunjung saat CFD dilakukan. “Iya, sekarang liat-liat ternyata nggak ada PKL. Ternyata memang masih dibatasi PKL-nya ya,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan, CFD di Jakarta, masih terbatas. Menurutnya, CFD masih akan dilakukan terbatas karena dikhawatirkan menimbulkan kerumunan. “PKL masih kami larang karena dikhawatirkan menimbulkan kerumunan,” kata Syafrin kepada awak media, Ahad (22/5/2022).

Tak hanya itu, dia juga menyontohkan, waktu pelaksanaan CFD yang harusnya dilakukan pukul 06.00 sampai 12.00 WIB hari ini, dikurangi sampai pukul 10.00 WIB. Hal itu, kata dia, juga menyesuaikan dengan beberapa aturan dalam Pergub No.66 Tahun 2016 terkait CFD yang diubah sementara. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement