Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

1 Zulhijjah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Lima Bahasa Cinta dari Manusia untuk Allah

Selasa 24 May 2022 04:25 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah

Ibadah di rumah. (Ilustrasi). Lima Bahasa Cinta dari Manusia untuk Allah

Ibadah di rumah. (Ilustrasi). Lima Bahasa Cinta dari Manusia untuk Allah

Foto: Republika/Thoudy Badai
Mari kita telusuri apa bahasa cinta manusia kepada Allah SWT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap Muslim jika ditanya apakah mencintai Allah SWT maka seharusnya menjawab iya. Jika memang mencintai Allah SWT, ada lima cara untuk menunjukkannya.

Mari kita telusuri apa bahasa cinta manusia kepada Allah SWT. Anda mungkin memperhatkan hati Anda lebih condong ke satu jenis ibadah di atas yang lain. Dengan kata lain, Anda menemukan diri Anda merasa lebih dekat dengan Allah SWT ketika melakukan satu tindakan di atas perbuatan lainnya.

Baca Juga

Secara umum diketahui ada sahabat tertentu yang benar-benar menjadi ahli ibadah tertentu. Mereka tahu 'bahasa cinta' mereka kepada Allah SWT dan mereka berbicara dengan penuh semangat.

Mari temukan beberapa kemungkinan bahasa cinta unat Islam kepada Allah SWT. Namun, artikel ini sama sekali tak mendorong seseorang untuk meninggalkan bentuk ibadah lain yang didukung oleh Alquran dan sunah. Dikutip di About Islam, artikel ini hanya membantu kita memahami ibadah mana yang paling menyentuh hati umat Islam dan mengapa melakukannya sehingga bisa menghabiskan lebih banyak waktu melakukannya.

1. Memuji Allah SWT

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran. (QS Al Baqarah 2:186).

Allah SWT suka ketika hambaNya menyeru-Nya. Bagian dari adab (etiket) berdoa kepada Allah adalah memulai dengan kata-kata penegasan, yaitu memuji Allah SWT dan memuliakan-Nya dengan nama-Nya yang relevan dengan doa. Ketika kita menegaskan Allah dalam segala keagunganNya, Dia menegaskan dengan memberi manusia lebih banyak karunia dan bahkan mengingatkan para malaikat tentang manusia. Sungguh cara yang luar biasa untuk menunjukkan cinta.

photo
Warga mengusap mukanya saat dzikir dan doa bersama di Masjid Agung Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (6/2/2020). - (M RISYAL HIDAYAT/ANTARA FOTO)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile