Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

26 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Sebanyak 41 Wali Kota Bakal Hadiri HUT Apeksi di Lampung

Selasa 24 May 2022 16:37 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi salah satu sudut Kota Bandar Lampung. HUT Apeksi akan digelar di Bandar Lampung pada 27-29 Mei

Ilustrasi salah satu sudut Kota Bandar Lampung. HUT Apeksi akan digelar di Bandar Lampung pada 27-29 Mei

Foto: Kemenag
HUT Apeksi akan digelar di Bandar Lampung pada 27-29 Mei

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Sebanyak 41 dari 98 wali kota se-Indonesia akan menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-22 di Kota Bandar Lampung, pada 27-29 Mei 2022. Pemkot Bandar Lampung telah menyiapkan mobil menteri dan wali kota yang akan hadir. 

“Dari 98 wali kota, sudah konfirmasi hadir 41 wali kota secara langsung,” kata Penjabat (Pj) Sekretaris Kota Bandar Lampung Sukarma Wijaya di Bandar Lampung, Senin (23/5/2022). 

Baca Juga

Dia mengatakan, pembukaan HUT Apeksi ke-22 di Kota Bandar Lampung akan dilaksanakan pada Jumat (27/5) dihadiri langsung Menpan RB Tjahjo Kumolo. Pada acara pembukaan tersebut, kemungkinan wali kota yang akan hadir akan bertambah lagi. Masih belum ada konfirmasi terkait kedatangan menteri lainnya, seperti Mendagri Tito Karnavian dan Menparekraf Sandiaga Uno. 

Selain membuka HUT Apeksi ke-22, Menpan RB Tjahjo Kumola, juga diagendakan menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan gedung pelayanan terpadu dan membuka ekspo di Graha Wangsa, Telukbetung, Bandar Lampung. 

Sukarma juga mengatakan, pemkot sudah menyiapkan pengamanan dan kendaraan untuk menteri dan wali kota, serta pejabat lainnya. Mobil yang telah disediakan dan terparkir di gedung parkir Pemkot Bandar Lampung yakni mobil jenis Toyota Alphard BK 1 A untuk menteri dan Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution, yang juga menantu Presiden Joko Widodo.  

Sedangkan wali kota lainnya disediakan mobil Toyota Kijang Innova Reborn. Belum dapat konfirmasi apakah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, yang juga anak Presiden Joko Widodo. Panitia juga mendapatkan instruksi khusus dari istana kepresidenan terkait pengawalan dan pengamanan kepada menantu presiden tersebut. 

Adanya perbedaan mobil dan pengamanan tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung Socrat Pringgodanu mengatakan karena permintaan khusus dari Panitia Pusat Apeksi. “Untuk wali kota Medan ada permintaan khusus dan mungkin juga akan ada pengawalan dari Paspampres,” katanya. 

Sedangkan kehadiran Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, yang juga putra sulung Presiden Jokowi, dia belum mendapatkan konfirmasi, karena tidak ada konfirmasi dan pemberitahuan dari panitia pusat. Yang sudah konfirmasi, kata dia, panitia menyiapkan mobilnya. 

Polda Lampung akan mendukung personel Polresta Bandar Lampung dalam pengamanan selama kegiatan Apeksi. “Polda Lampung siap backup jajaran Polresta agar lebih memperketat dalam pengamanan, ada ratusan personel gabungan,” kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, Selasa (24/5/2022). 

Kegiatan Apeksi akan berlansung di Hotel Novotel dan Graha Wangsa pada Jumat (27/5/2022). Sedangkan besok harinya, Sabtu (28/5/2022) diisi dengan acara olahraga gowes bersama wali kota dimulai dari depan Kantor Wali Kota Bandar Lampung menujut Bundaran Tugu Adipura, dan berakhir di Jl Gatot Subroto.    

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile