Senin 06 Jun 2022 07:38 WIB

Rusia akan Serang Target Baru Jika AS Pasok Rudal Jarak Jauh ke Ukraina

Rusia peringatkan keputusan AS memasok Ukraina dengan sistem roket perburuk konflik.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Puing-puing tergeletak di sepanjang jalan di fasilitas layanan kereta api yang terkena serangan rudal Rusia di Kyiv, Ukraina, Minggu, 5 Juni 2022.
Foto: AP Photo/Natacha Pisarenko
Puing-puing tergeletak di sepanjang jalan di fasilitas layanan kereta api yang terkena serangan rudal Rusia di Kyiv, Ukraina, Minggu, 5 Juni 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Vladimir Putin pada Ahad (5/6/2022) memperingatkan Amerika Serikat (AS), Rusia akan menyerang target baru jika Barat memasok rudal jarak jauh ke Ukraina. Rudal jarak jauh itu akan digunakan dalam sistem roket bergerak presisi tinggi.

Putin mengatakan, pengiriman senjata "bukan hal baru" dan tidak mengubah apa pun. Dia memperingatkan, Rusia akan memberikan tanggapan jika AS memasok amunisi jarak jauh untuk sistem HIMARS yang memiliki jangkauan maksimum hingga 300 km (185 mil) atau lebih.

Baca Juga

"Jika rudal jarak jauh dipasok, kami akan menyerang target yang belum kami jatuhkan," kata Putin dalam sebuah wawancara dengan saluran televisi pemerintah Rossiya-1.

Putin mengatakan, jangkauan sistem HIMARS buatan Lockheed Martin bergantung pada amunisi yang dipasok. Jangkauan rudal buatan AS itu hampir sama dengan sistem rudal buatan Soviet yang sudah dimiliki Ukraina.  

"Ini bukan hal baru. Ini pada dasarnya tidak mengubah apa pun. Senjata itu hanya menggantikan senjata yang telah dihancurkan Rusia," kata Putin.

Putin tidak mengidentifikasi target yang akan diserang Rusia. Tetapi dia mengatakan, "keributan" seputar pasokan senjata Barat dirancang untuk meredakan konflik.

Berbicara tentang drone yang dikirim oleh negara-negara Barat ke Ukraina, Putin mengatakan, pertahanan udara Rusia telah "memecahkannya seperti kacang". Putin mengatakan, Rusia telah menghancurkan puluhan drone buatan Barat.

Pejabat Rusia memperingatkan keputusan AS untuk memasok Ukraina dengan sistem roket canggih akan memperburuk konflik. Namun Putin mengatakan, pengiriman sistem roket canggih itu tidak akan membawa perubahan mendasar di medan perang.

Ketika ditanya tentang ekspor gandum Ukraina, Putin mengatakan, solusi terbaik adalah dengan mengirimnya melalui Belarus. Tetapi sanksi terhadap Belarus harus dicabut terlebih dahulu. Sejak invasi Rusia pada 24 Februari, pengiriman biji-bijian Ukraina dari pelabuhan Laut Hitam telah terhenti dan lebih dari 20 juta ton biji-bijian tertahan di silo.

Putin dan pejabat Rusia tidak pernah menggunakan kata perang atau invasi terhadap Ukraina. Mereka mengatakan, serangan itu adalah "operasi militer khusus" yang bertujuan mencegah penganiayaan terhadap penutur bahasa Rusia di Ukraina timur. Putin juga menjadikan operasi militer khusus itu sebagai titik balik dalam sejarah Rusia, yaitu pemberontakan Moskow melawan AS, yang menurutnya telah mempermalukan Rusia sejak jatuhnya Uni Soviet pada 1991. 

Departemen Pertahanan AS memasok empat sistem HIMARS M142 bersama Sistem Roket Peluncuran Berganda Terpandu ke Ukraina. Sistem roket tersebut memiliki jangkauan lebih dari 40 mil atau dua kali lipat dari jangkauan howitzer. Presiden Joe Biden pekan lalu mengatakan, Washington akan memasok Ukraina dengan Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi M142, atau HIMARS. Pengiriman ini terjadi setelah Biden menerima jaminan dari Kiev bahwa, roket itu tidak akan digunakan untuk menargetkan Rusia. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَدْخُلُوْا بُيُوْتَ النَّبِيِّ اِلَّآ اَنْ يُّؤْذَنَ لَكُمْ اِلٰى طَعَامٍ غَيْرَ نٰظِرِيْنَ اِنٰىهُ وَلٰكِنْ اِذَا دُعِيْتُمْ فَادْخُلُوْا فَاِذَا طَعِمْتُمْ فَانْتَشِرُوْا وَلَا مُسْتَأْنِسِيْنَ لِحَدِيْثٍۗ اِنَّ ذٰلِكُمْ كَانَ يُؤْذِى النَّبِيَّ فَيَسْتَحْيٖ مِنْكُمْ ۖوَاللّٰهُ لَا يَسْتَحْيٖ مِنَ الْحَقِّۗ وَاِذَا سَاَلْتُمُوْهُنَّ مَتَاعًا فَاسْـَٔلُوْهُنَّ مِنْ وَّرَاۤءِ حِجَابٍۗ ذٰلِكُمْ اَطْهَرُ لِقُلُوْبِكُمْ وَقُلُوْبِهِنَّۗ وَمَا كَانَ لَكُمْ اَنْ تُؤْذُوْا رَسُوْلَ اللّٰهِ وَلَآ اَنْ تَنْكِحُوْٓا اَزْوَاجَهٗ مِنْۢ بَعْدِهٖٓ اَبَدًاۗ اِنَّ ذٰلِكُمْ كَانَ عِنْدَ اللّٰهِ عَظِيْمًا
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah-rumah Nabi kecuali jika kamu diizinkan untuk makan tanpa menunggu waktu masak (makanannya), tetapi jika kamu dipanggil maka masuklah dan apabila kamu selesai makan, keluarlah kamu tanpa memperpanjang percakapan. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mengganggu Nabi sehingga dia (Nabi) malu kepadamu (untuk menyuruhmu keluar), dan Allah tidak malu (menerangkan) yang benar. Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (istri-istri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. (Cara) yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka. Dan tidak boleh kamu menyakiti (hati) Rasulullah dan tidak boleh (pula) menikahi istri-istrinya selama-lamanya setelah (Nabi wafat). Sungguh, yang demikian itu sangat besar (dosanya) di sisi Allah.

(QS. Al-Ahzab ayat 53)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement