Jumat 10 Jun 2022 06:20 WIB

7 Perkara Ini Disarankan untuk Dihindari Saat Wudhu Menurut Imam Ghazali 

Wudhu merupakan salah satu tuntunan yang utama dalam bersuci

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah
Wudhu (ilustrasi). Wudhu merupakan salah satu tuntunan yang utama dalam bersuci
Foto: Republika/Yasin Habibi
Wudhu (ilustrasi). Wudhu merupakan salah satu tuntunan yang utama dalam bersuci

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Selain menjalankan beberapa hal seperti berdoa selepas wudhu yang merupakan bagian dari adab, ada juga perkara yang dapat ditinggalkan yang merupakan bagian dari adab juga.  

Imam Al Ghazali dalam kitab Bidayat al-Hidayah menjelaskan tujuh perkara yang perlu ditinggalkan sebagai bagian dari adab berwudhu, berikut penjabarannya:  

Baca Juga

Pertama, mengibaskan tangan untuk memercikkan air (selepas wudhu). Kedua, menamparkan air ke muka dan kepala. 

Ketiga, bercakap-cakap. Keempat, membasuh anggota wudhu lebih dari tiga kali. Kelima, menggunakan air tanpa ada hajat tetapi hanya semata-mata was-was. Dan setan yang mengganggu orang yang sedang berwudhu ini namanya Walhan.  

Keenam, berwudhu dengan air musyammas (air yang terkena panas matahari dan di negeri yang panas pula). Ketujuh, berwudhu dengan menggunakan air bekas-bekas dari tembaga. 

Menurut Al Ghazali, apabila salah satu dari tujuh perkara ini dilakukan hukumnya adalah makruh. Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam sabda Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadits. Rasulullah SAW berkata: 

من ذكر الله عند وضوئه طهر الله جسده كله ومن لم يذكر الله لم يطهر منه إلا ما أصاب الماء

"Inna mandzakarallaha inda wudhu-ihi thahharallahu jasadahu kullahu, wa man yadzkurillaha lam yathur minhu illa maa ashaabahul-ma-u." 

Yang artinya, "Sesungguhnya barang siapa yang menyebut nama Allah ketika berwudhu maka Allah mensucikan jasadnya semuanya, tetapi barang siapa yang tidak menyebut nama Allah (dalam wudhu) maka tidak suci daripada jasadnya kecuali hanya anggota yang terkena air saja."  

Perihal wudhu ini, meski tidak mewajibkan, Rasulullah SAW menekankan bagi umat Islam untuk bersiwak setiap wudhu sebagai bagian dari adab. Nabi Muhammad SAW bersabda: 

. لَوْلَا أنْ أشُقَّ علَى أُمَّتي أوْ علَى النَّاسِ لَأَمَرْتُهُمْ بالسِّوَاكِ مع كُلِّ صَلَاةٍ 

"Law laa an asyuqqa ala ummatiy la-amartuhum bissiwaki fi kulli shalatin." Yang artinya, "Jikalau aku tidak menyusahkan umatku, pasti aku wajibkan mereka bersiwak setiap kali sembahyang."    

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement