Rabu 22 Jun 2022 08:48 WIB

Teleskop Hubble Rilis Foto Gugus Bola Berkilauan di Langit 

Gugus bola terdiri dari jutaan bintang.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Teleskop Luar Angkasa Hubble menampilkan gambar baru, yakni gugus berbentuk bola Terzan 9 yang berkilauan.
Foto: nasa/esa/hubble
Teleskop Luar Angkasa Hubble menampilkan gambar baru, yakni gugus berbentuk bola Terzan 9 yang berkilauan.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Teleskop Luar Angkasa Hubble menampilkan gambar baru, yakni gugus berbentuk bola Terzan 9 yang berkilauan. Gugus berbentuk bola adalah kelompok bintang yang jumlahnya mencapai puluhan ribu hingga jutaan, menurut posting blog 17 Juni dari Badan Antariksa Eropa (ESA) tentang gambar terbaru.

“Terzan 9 dihiasi dengan begitu banyak bintang berkilauan yang menyerupai lautan payet, atau peti harta karun besar yang penuh dengan emas,” tulis pejabat ESA, dilansir dari Space, Rabu (22/6/2022).

Baca Juga

Gambar tersebut adalah bagian dari program Teleskop Luar Angkasa Hubble yang memeriksa gugus berbentuk bola menuju pusat galaksi Bima Sakti. Daerah ini kaya akan debu antar bintang, sehingga sulit untuk melihat objek seperti bintang.

Debu, kata ESA dalam pertanyaannya, “menyerap cahaya bintang dan bahkan dapat mengubah warna bintang yang tampak di gugusan ini.”

Hubble mampu sedikit mengintip melalui debu itu karena dapat mendeteksi beberapa cahaya inframerah, yang panjang gelombangnya yang lebih panjang dapat menembus daerah berdebu tertentu. Hubble terutama mengamati alam semesta dalam cahaya tampak, yang memungkinkan para astronom mempelajari seberapa banyak warna semu bintang dapat berubah karena debu antar bintang.

Mengetahui warna sebenarnya dari sebuah bintang, bersama dengan kecerahannya, akan lebih memungkinkan para astronom untuk memperkirakan usia masing-masing bintang dari gugu berbentuk bola.

Jangkauan kemampuan inframerah yang lebih luas akan tersedia ketika Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA mulai beroperasi online bulan depan. Webb, yang seharusnya merilis gambar tingkat sains pertamanya pada 12 Juli, terletak sangat lebih jauh dari Bumi daripada Hubble dan memiliki cermin yang jauh lebih besar.

Teleskop ini akan dapat melihat galaksi dan gugus bintang terjauh dan tertua yang terbentuk dalam ratusan juta tahun pertama setelah Big Bang, memungkinkan para astronom menjawab pertanyaan mendasar tentang evolusi alam semesta.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَكَذٰلِكَ بَعَثْنٰهُمْ لِيَتَسَاۤءَلُوْا بَيْنَهُمْۗ قَالَ قَاۤىِٕلٌ مِّنْهُمْ كَمْ لَبِثْتُمْۗ قَالُوْا لَبِثْنَا يَوْمًا اَوْ بَعْضَ يَوْمٍۗ قَالُوْا رَبُّكُمْ اَعْلَمُ بِمَا لَبِثْتُمْۗ فَابْعَثُوْٓا اَحَدَكُمْ بِوَرِقِكُمْ هٰذِهٖٓ اِلَى الْمَدِيْنَةِ فَلْيَنْظُرْ اَيُّهَآ اَزْكٰى طَعَامًا فَلْيَأْتِكُمْ بِرِزْقٍ مِّنْهُ وَلْيَتَلَطَّفْ وَلَا يُشْعِرَنَّ بِكُمْ اَحَدًا
Dan demikianlah Kami bangunkan mereka, agar di antara mereka saling bertanya. Salah seorang di antara mereka berkata, “Sudah berapa lama kamu berada (di sini)?” Mereka menjawab, “Kita berada (di sini) sehari atau setengah hari.” Berkata (yang lain lagi), “Tuhanmu lebih mengetahui berapa lama kamu berada (di sini). Maka suruhlah salah seorang di antara kamu pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini, dan hendaklah dia lihat manakah makanan yang lebih baik, dan bawalah sebagian makanan itu untukmu, dan hendaklah dia berlaku lemah lembut dan jangan sekali-kali menceritakan halmu kepada siapa pun.

(QS. Al-Kahf ayat 19)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement