Kamis 23 Jun 2022 09:55 WIB

5 Manfaat Jus Lemon untuk Kesehatan 

Jus lemon bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit hingga usus.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Lemon
Foto: wonderwoman.in
Lemon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jus lemon biasanya dihindari karena rasa asamnya yang menantang. Namun, ternyata menantang rasa kuat dari buah jeruk ini benar-benar dapat membuahkan hasil dalam hal kesehatan Anda.

Dilansir dari express pada Kamis (23/6/2022), jus lemon telah dikaitkan dengan daftar panjang manfaat kesehatan, meningkatkan segalanya mulai dari penampilan kulit hingga proses pencernaan tubuh. Meskipun cairan asam alami ini bukanlah rasa yang paling enak, mengencerkannya dalam segelas air atau bahkan hanya memerasnya di atas salad segar dapat memiliki efek yang signifikan dari waktu ke waktu.  

Baca Juga

Berikut lima manfaat jus lemon buat tubuh yaitu : 

1. Bisa Membersihkan Usus 

Menambahkan jus lemon segar ke dalam air dan minuman hangat telah dipraktikkan selama berabad-abad dan merupakan salah satu praktik kesehatan alami yang paling aman untuk dicoba di rumah.

Daging buah jeruk lemon baik untuk membersihkan tubuh Anda tanpa suplemen olahan. Kesehatan usus yang baik juga merupakan cerminan dari mikrobioma usus yang baik.

Konsentrasi vitamin C yang tinggi dalam daging buah adalah kunci dalam hal pencernaan karena antioksidan melindungi sel dari radikal bebas yang bekerja untuk mengurangi peradangan.

2. Dapat Mengurangi Risiko Batu Ginjal 

Batu ginjal menyakitkan dan tidak menyenangkan tetapi dalam banyak kasus mudah dicegah. Jus lemon segar dapat membantu mencegah penumpukan kalsium internal yang jika tidak dapat menyebabkan batu ginjal. Jus ini bekerja dengan meningkatkan kadar sitrat dalam urin yang mengikat deposit kalsium dan menghentikan pembentukan batu ginjal.

3. Dapat Mendorong Hidrasi 

Tetap terhidrasi tidak selalu mudah jika Anda bukan penggemar air putih. Namun, alternatif minuman manis seperti labu dan jus bisa menjadi masalah karena beberapa alasan. Jus lemon adalah cara yang enak untuk meningkatkan hidrasi harian Anda.

Meskipun pada awalnya rasa asam mungkin tidak sesuai dengan keinginan Anda, menjadikannya bagian dari rutinitas harian Anda akan dengan cepat membuat Anda terbiasa dengan rasa yang menyegarkan.

4. Dapat Meningkatkan Penampilan Kulit

Beberapa bukti telah mengaitkan vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat dengan perbaikan kondisi kulit. Flavonoid, yang merupakan senyawa pelindung yang ditemukan dalam buah jeruk, juga bermanfaat bagi kulit karena membantu tubuh memproduksi kolagen.

Zat alami ini bertanggung jawab untuk melindungi elastisitas dan integritas kulit, merangsang proses anti-penuaan dan mencegah penuaan dini. Terlebih lagi, jus kaya antioksidan ini dapat membantu membuang racun dalam tubuh Anda dengan meningkatkan fungsi enzim dan merangsang hati Anda, yang memainkan peran penting dalam penampilan kulit Anda.

5. Dapat Membantu Penurunan Berat Badan

Ketika tubuh terhidrasi dengan baik hal itu dapat mempengaruhi tingkat rasa kenyang. Kadang-kadang, ketika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, sensasi yang kita rasakan sebagai rasa lapar sebenarnya bisa menjadi sinyal kebutuhan akan cairan. Menjadi terhidrasi dengan baik dapat membantu mengoptimalkan tubuh membakar kalori.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement