Sabtu 25 Jun 2022 00:10 WIB

Taiwan Laporkan Kasus Impor Pertama Cacar Monyet, Penderita Baru Pulang dari Jerman

Kasus cacar monyet di Taiwan melibatkan warga yang pulang studi dari Jerman.

Red: Reiny Dwinanda
Bendera Taiwan (Ilustrasi). Seorang pria Taiwan yang pulang studi dari Jerman pada 16 Juni 2022 terkonfirmasi sebagai penderita cacar monyet pertama pada Jumat (24/6/2022).
Foto:

Menyebar di 48 negara

Cacar monyet, yang menyebar melalui kontak dekat dan pertama kali ditemukan pada monyet, sebagian besar terjadi di Afrika barat dan tengah, dan hanya kadang-kadang menyebar di tempat lain. Di kawasan Asia Pasifik, tercatat Singapura, Korea Selatan, dan Australia juga telah melaporkan kasus cacar monyet.

photo
Asal usul cacar monyet. - (Republika)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terima laporan lebih dari 3.200 kasus cacar monyet yang dikonfirmasi dari 48 negara dan satu kematian. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Kamis (23/6/2022) mengatakan, ada kebutuhan untuk pengawasan intensif di masyarakat yang lebih luas.

Tedros mengatakan bahwa kasus di negara-negara nonendemi masih didominasi oleh laki-laki yang berhubungan seksual dengan sesama jenis atau homoseksual. Cacar monyet disebabkan oleh infeksi virus monkeypox.

"Penularan dari orang ke orang sedang berlangsung dan banyak yang mengabaikan," kata Tedros pada pertemuan Komite Darurat Peraturan Kesehatan Internasional.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement